Akhir April 2022, Kilang Balongan Diperkirakan Beroperasi 100 Persen

Bisnis  
Suasana malam kilang minyak Balongan, Indramayu, Jawa Barat - (Antara)
Suasana malam kilang minyak Balongan, Indramayu, Jawa Barat - (Antara)

INDRAMAYU -- Pengerjaan proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) atau proyek pengembangan kilang, serta proyek pemeliharaan kilang Balongan, Kabupaten Indramayu, hampir rampung. Kilang Pertamina Refinery Unit VI Balongan ini diperkirakan akan mulai beroperasi 100 pada akhir April 2022.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia Arifin Tasrif didampingi Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional Taufik Aditiyawarman, serta kepala BPH Migas Erika Retnowati melakukan kunjungan kerja ke Kilang Pertamina Refinery Unit VI Balongan, Kamis (21/4/2022).

Pada kunjungan kerja di Balongan tersebut, Menteri ESDM ingin memastikan pelaksanaan proyek yang tengah dilakukan di kilang Balongan berlangsung lancar dan sesuai jadwal. Ini karena, proyek-proyek yang saat ini tengah dikerjakan di Kilang Balongan merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang sangat berpengaruh terhadap perekonomian nasional dan harus dipastikan kelancaran pelaksanaannya, bukan hanya ketepatan waktu, namun kepastian terhadap keselamatan kerja selama proyek ini berlangsung.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ditemui matapantura.republika.co.id, Senin (25/4/2022), Area Manager Communication, Relations, & CSR Refinery Unit VI Balongan Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional, Imam Rismanto mengatakan, pengerjaan proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) atau proyek pengembangan kilang, serta proyek pemeliharaan kilang Balongan, sudah hampir rampung.

Pengerjaan proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) atau proyek pengembangan kilang, serta proyek pemeliharaan kilang Balongan, sudah hampir rampung. (Istimewa)
Pengerjaan proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) atau proyek pengembangan kilang, serta proyek pemeliharaan kilang Balongan, sudah hampir rampung. (Istimewa)

"Ibarat mobil yang diperbaiki, saat ini tinggal hal-hal yang kecil saja. Sehingga, diperkirakan proyek ini akan beroperasi penuh pada akhir April 2022," katanya.

Imam mengatakan, pemerintah sangat konsen terhadap perkembangan proyek RDMP yang dilaksanakan di Kilang milik Pertamina termasuk di Kilang RU VI. Sebab, ucap dia, dengan melakukan pengembangan kilang, maka kapasitas pengolahan kilang Pertamina akan naik sehingga kedaulatan energy akan tercapai.

"Turn Around juga berjalan lancar dan sudah hampir selesai, mudah-mudahan segera beroperasi normal. Yang jelas, saat ini sudah memasuki tahap start up,” ujarnya.

Proyek RDMP Balongan ini akan memberikan dampak positif terhadap negara. Pasalnya, kapasitas pengolahan Kilang Balongan akan naik dari 125 ribu barel per hari menjadi 150 ribu barel perhari. n Agus Yulianto

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image