Bolehkah Melanjutkan Puasa Jika Haid Datang Tengah Hari?

Tajug  

Mengganti puasa

Karena, kata Sheikh Ahmad Kutty, sekali haid telah datang, puasa Anda batal dan Anda diperbolehkan makan dan minum seperti orang lain yang dikecualikan dari puasa karena sakit, bepergian, hamil, atau menyusui.

"Penting untuk ditekankan, bagaimanapun, bahwa Anda harus mengganti puasa yang telah Anda lewatkan," ucapnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tidak ada dalil bagi mereka yang menyatakan bahwa wanita yang mulai haid di tengah hari atau sesudahnya, harus menjauhi makanan dan minuman.

Ini hanyalah kesalahpahaman yang populer atau interpretasi yang salah di antara beberapa orang. Itu tidak memiliki dasar yang kuat apapun dalam sumber-sumber otentik Syariah.

Dengan kata lain, tegas Sheikh Ahmad Kutty, tidak ada dalam sumber-sumber Syariah yang mengharuskan seseorang yang membatalkan puasanya karena alasan yang ditentukan dalam Syariah untuk menjauhi makanan dan minuman.

"Untuk bersikeras pada kondisi ini tidak lain adalah kekakuan yang tidak beralasan," katanya.

Islam dalam bentuknya yang murni bebas dari ekstremisme dan kekakuan seperti itu. Nabi Muhammad (damai dan berkah besertanya) bersabda, “Agama kita ini sederhana dan mudah diikuti; siapa pun yang membuatnya sulit hanya akan mengalahkan dirinya sendiri.” (Al-Bukhari). Allah SWT lebih tahu. n

Sumber:

https://aboutislam.net/counseling/ask-the-scholar/fasting/can-i-continue-fasting-if-menses-comes-midday/

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image