Wali Kota dan Warga Nobar Pagelaran Wayang Golek di Cirebon

Budaya  
Pagelaran wayang golek. (Dok Diskominfo Kota Cirebon)
Pagelaran wayang golek. (Dok Diskominfo Kota Cirebon)

CIREBON -- Pagelaran wayang golek dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke-653 Cirebon, yang diadakan di lapangan bola Kesambi Dalam, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, disambut antusias masyarakat, Rabu (27/7/2022) malam.

Para penonton memadati lokasi pagelaran wayang golek bersama Ki Dalang Dadan Sunandar Sunarya itu. Tidak hanya dari Kota Cirebon, banyak pula penonton dari luar kota.

Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, bersama unsur Forkopimda pun berbaur bersama masyarakat menonton pagelaran tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Azis mengatakan, pagelaran wayang golek itu diadakan sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah terhadap budaya nusantara. Selain itu, wujud kecintaan pemerintah kepada warga Kota Cirebon dengan menghadirkan hiburan budaya.

‘’Kami ingin memberikan hiburan yang bermakna bagi masyarakat Kota Cirebon. Tontonan yang mengandung tuntunan,’’ kata Azis.

Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis berbaur bersama warganya menonton pagelaran wayang golek. (Dok Diskominfo Kota Cirebon)
Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis berbaur bersama warganya menonton pagelaran wayang golek. (Dok Diskominfo Kota Cirebon)

Apalagi, lanjut Azis, kisah yang dibawakan dalam pertunjukan wayang golek sarat dengan nilai-nilai luhur dan pesan moral. Dia ingin mengajak masyarakat menerapkan pesan moral tersebut dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pagelaran wayang golek itu merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Cirebon, sebagai wujud rasa syukur di usia yang ke-653 tahun. Selain itu sebagai bentuk komitmen pemerintah yang terkandung pada tagline “Cirebon Ngobeng Yuh”.

‘’Kami ingin mengajak masyarakat bersama-sama meramaikan peringatan Hari Jadi Cirebon dan berperan aktif dalam pembangunan di Kota Cirebon,’’ tutur Azis.

Azis berharap, masyarakat Kota Cirebon, khususnya generasi muda, turut melestarikan kesenian dan kebudayaan. Generasi muda juga harus bangga dengan kesenian dan kebudayaan yang dimiliki bangsa Indonesia.

‘’Harus bangga dan ikut melestarikan kebudayaan di Indonesia khususnya Cirebon,’’ tandas Azis. (Lilis Sri Handayani)

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image