Damkar Evakuasi Ular Kobra Dari Depan Warung Milik Warga

Jogregan  
Petugas pemadam kebakaran mengevakuasi ular kobra. (Dok Pemadam Kebakaran Kabupaten Kuningan)
Petugas pemadam kebakaran mengevakuasi ular kobra. (Dok Pemadam Kebakaran Kabupaten Kuningan)

KUNINGAN – Petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Kuningan berhasil mengevakuasi seekor ular kobra, yang melintas dan masuk ke saluran air di depan warung milik warga di Blok Kondang RT 10 RW 03 Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Sabtu (6/8/2022) sekitar pukul 15.20 WIB.

Keberadaan ular kobra jawa (Naja sputatrix) itu pertama kali diketahui oleh pemilik warung bernama Iwan. Saat itu, dia sedang berada di warungnya dan tiba-tiba melihat ular berwarna hitam di ruangan sebelah.

Ular tersebut kemudian masuk ke saluran air, yang tepat berada di depan warungnya. Keberadaan ular tersesebut kemudian dilaporkan ke Kantor UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Setelah mendapat laporan tersebut, empat orang petugas pemadam kebakaran langsung meluncur ke lokasi. Petugas harus mencari keberadaan ular tersebut yang bersembunyi di dalam saluran air.

Upaya evakuasi ular kobra itupun mendapat perhatian dari warga setempat yang berdatangan untuk melihat dari jarak aman. Setelah melakukan upaya pencarian selama kurang lebih 15 menit, petugas akhirnya berhasil mengevakuasi ular kobra jawa tersebut dari dalam saluran air.

‘’Apabila dibiarkan /tidak dievakuasi, maka dikhawatirkan dapat membahayakan pemilik rumah maupun warga yang melakukan kegiatan di sekitar lokasi tersebut,’’ kata Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan, Mh Khadafi Mufti, Sabtu (6/8/2022).

Ular kobra jawa berhasil dievakuasi. (Dok Pemadam Kebakaran Kabupaten Kuningan)
Ular kobra jawa berhasil dievakuasi. (Dok Pemadam Kebakaran Kabupaten Kuningan)

Ular kobra jawa merupakan spesies ular sendok yang endemik di pulau Jawa dan Nusa Tenggara. Ular itu adalah salah satu jenis kobra yang mampu menyemprotkan racun bisa ke arah siapapun yang dianggap mengganggunya.

‘’Kami mengimbau agar warga jangan membiarkan tumpukan bahan bangunan, bekas sampah, atau membiarkan halaman rumah kotor dan lembab, karena akan mengundang ular masuk,’’ tandas Khadafi. (Lilis Sri Handayani)

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image