Keren, Indramayu Jadi Juara Umum Tantangan Literasi GLN Gareulis Jabar 2022

Jogregan  
Indramayu Jadi Juara Umum Tantangan Literasi GLN Gareulis Jabar 2022. (Diskominfo Kabupaten Indramayu)
Indramayu Jadi Juara Umum Tantangan Literasi GLN Gareulis Jabar 2022. (Diskominfo Kabupaten Indramayu)

INDRAMAYU -- Kelompok Kerja Gerakan Literasi Nasional, Siswa, Keluarga, dan Masyarakat Menulis dan Berliterasi Wujudkan Jawa Barat Juara Lahir Batin, Literat dan Sejahtera (Pokja GLN Gareulis) Jawa Barat, mengadakan Tantangan Literasi kepada kabupaten/kota se-Jawa Barat selama sepuluh bulan.

Tantangan itu diikuti ratusan peserta se-Jawa Barat, termasuk dari Kabupaten Indramayu.

Pengurus Harian Penggerak GLN Indramayu yang diketuai Lilis Yuningsih, Kepala UPTD SMPN Satu Atap 1 Lelea, dengan Sekretaris Umum, Erni Heriningsih, Pengawas SD Dikbud Kabupaten Indramayu, menjawab tantangan ini dengan mensosialisasikan hal tersebut ke seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Indramayu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ternyata, upaya yang dilakukan oleh Penggerak GLN Indramayu membuahkan hasil maksimal. Kabupaten Indramayu terpilih sebagai Juara Umum pada ajang Festival dan Penganugerahan Literasi Jawa tahun 2022, yang diselenggarakan di Youth Center Sport Arcamanik Bandung, Sabtu (6/8/2022).

Penggerakk GLN Kabupaten Indramayu mengikutsertakan puluhan kepala sekolah dari tingkat Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan perorangan. Kemudian para peserta itu diverifikasi oleh panitia.

Atas keberhasilannya dalam mengikuti dan menyelesaikan Tantangan GLN Gareulis Jawa Barat 2022, Kabupaten Indramayu dinobatkan sebagai Juara Umum Tantangan GLN Gareulis Jawa Barat tahun 2022.

Piala Tetap Juara Umum Tantangan GLN Gareulis Jawa Barat tahun 2022 untuk Kabupaten Indramayu diterima oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kabupaten Indramayu, Iwan Hermawan dengan didampingi Plt Kepala Dinas Pendidikan dengan didampingi oleh Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Indramayu, Caridin. Mereka mewakili Bupati Indramayu, Nina Agustina.

Iwan menyatakan, penghargaan atau menjadi juara umum bukanlah tujuan utama. Yang terpenting adalah bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui literasi.

‘’Penghargaan bukanlah tujuan utama. Literasi sesungguhnya adalah ketika masyarakat bisa meningkatkan kesejahteraan,’’ kata Iwan.

Untuk itu, lanjut Iwan, sinergitas pelaksanaan literasi menjadi mutlak. Seluruh komponen, baik guru, siswa, masyarakat umum, dunia usaha, dunia akademisi, para tokoh dan pemuka, serta komponen masyarakat lainnya harus terus bersinergi melakukan literasi.

Iwan pun mengucapkan terima kasih kepada bupati Indramayu yang telah mendukung gerakan literasi di Kabupaten Indramayu.

Plt Kadis Dikbud Indramayu, Caridin, merasa terharu dengan capaian itu. Pasalnya, para peserta dalam gerakan tersebut kebanyakan merupakan pegawai lingkup Dikbud Kabupaten Indramayu.

‘’Terima kasih kepada Penggerak GLN Gareulis Kabupaten Indramayu yang telah berupaya dengan baik untuk memberi motivasi kepada penggiat literasi di Kabupaten Indramayu,’’ tandas Caridin. (Lilis Sri Handayani)

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image