Terpilih Jadi Anggota Paskibra Provinsi, Siswa MAN Hafal 15 Juz Alquran

Jogregan  
MAN 1 Indramayu. (Lilis Sri Handayani)
MAN 1 Indramayu. (Lilis Sri Handayani)

INDRAMAYU – Menjadi anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) saat peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus, menjadi impian banyak pelajar di Indonesia. Salah satunya Muhammad Ridha Garnida (15).

Siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Indramayu itupun telah lama mendambakan menjadi Paskibraka. Untuk itu, dia rajin mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Paskibra yang diadakan di sekolahnya.

Ridha pun giat berlatih secara disiplin. Bahkan, dia menjadi pemimpin bagi teman-temannya yang juga bergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler Paskibra.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Setahap demi setahap langkah untuk mewujudkan mimpi itu dijalani oleh Rida. Setelah lolos seleksi di tingkat sekolahnya, Rida kemudian mengikuti seleksi di tingkat Kabupaten Indramayu.

Bersaing dengan para pelajar lain, Ridha dan dua pelajar dari sekolah lainnya di Kabupaten Indramayu kemudian dinyatakan lolos di tingkat kabupaten. Selanjutnya, Ridha dan dua pelajar tersebut berangkat ke Bandung untuk mengikuti seleksi anggota Paskibraka tingkat Provinsi Jawa Barat, pada Juli 2022.

Muhammad Ridha Garnida. (Istimewa)
Muhammad Ridha Garnida. (Istimewa)

Selain baris berbaris, di Bandung, Ridha juga harus mengikuti tes wawancara. Di antaranya, mengenai bakat dan kemampuan yang dimilikinya.

‘’Alhamdulillah, dari tiga pelajar itu, hanya Ridha yang lolos seleksi dari Kabupaten Indramayu,’’ ujar Pembina Paskibra MAN 1 Indramayu, Shodikin, saat ditemui di MAN 1 Indramayu, Jalan Soekarno Hatta Pekandangan Indramayu, Kamis (11/8/2022).

Saat ini, Ridha pun sedang mengikuti Pemusatan Latihan Paskibraka Provinsi Jawa Barat Tahun 2022, di Bandung.

Shodikin mengatakan, selain mahir baris berbaris, Ridha juga hafal 15 juz Alquran. Sebelum menempuh jenjang pendidikan di MAN 1 Indramayu, Ridha memang mondok di pesantren.

‘’Kemampuannya menghafal Alquran itu juga yang disampaikannya saat tes wawancara seleksi (Paskibraka) di provinsi,’’ terang Shodikin.

Menurut Shodikin, lolosnya Ridha sebagai anggota Paskibraka Provinsi Jawa Barat mewakili Kabupaten Indramayu menjadi kebanggaan bagi MAN 1 Indramayu. Pasalnya, baru kali inilah siswa MAN 1 Indramayu lolos sebagai Paskibraka tingkat provinsi.

Shodikin pun berharap, Ridha sukses menjalankan tugasnya sebagai anggota Paskibraka Provinsi Jawa Barat pada 17 Agustus 2022 mendatang. Tak hanya itu, dia juga mendoakan agar anak didiknya itu bisa mencapai cita-citanya untuk melanjutkan pendidikan di Akademi Kepolisian (Akpol). N lilis sri handayani

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image