Kera Liar Menyerang Lagi, Jarah Warung dan Rusak Atap Rumah Warga

Jogregan  
Kera liar nongkrong di atap rumah warga di Desa Ciawigebang. (Dok Damkar Kabupaten Kuningan)
Kera liar nongkrong di atap rumah warga di Desa Ciawigebang. (Dok Damkar Kabupaten Kuningan)

KUNINGAN – Ketenangan warga di Dusun Pahing RT 01, 02, 03 RW 03 Desa/Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan terusik dengan kehadiran kera ekor panjang liar (Macaca Fascicularis).

Hewan primata itu dilaporkan kerap mengganggu bahkan menyerang warga yang lewat di dusun tersebut. Selain itu, kera ekor panjang liar juga menjarah makanan di warung-warung serta merusak atap rumah dan tanaman milik warga.

Melihat ketenangan warganya terusik, Kepala Dusun setempat, Amin Nuryamin, menghubungi call center UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan, untuk meminta bantuan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Petugas yang tiba di lokasi kemudian melakukan mitigasi/kajian. Hasilnya diketahui bahwa kera ekor panjang liar sudah ada sejak seminggu yang lalu di pemukiman penduduk Desa Ciawigebang.

Kera liar itu mulai melakukan pencarian makanan, memasuki wilayah sekitarnya dan meresahkan semua warga. Dari hasil pengumpulan data dan informasi, jumlah kera liar itu sebenarnya hanya sekitar satu ekor.

‘’Analisis sementara datangnya hewan tersebut dikarenakan terpisah dari kawanan sehingga mencari makanan di sekitaran permukiman penduduk,’’ kata Khadafi, Ahad (14/8/2022).

Setelah dilakukan mitigasi, dilanjutkan mapping ke wilayah sekitar. Selanjutnya untuk penanganan kera liar itu dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan yang bisa menimbulkan ledakan suara dari bahan campuran karbit dan air.

‘’Setelah dilakukan pengusiran dan pengejaran, kera langsung kabur dan menyulitkan pencarian,’’ cetus Khadafi.

Kera tersebut melarikan diri ke perkebunan/hutan. Jika nanti kera itu kembali, akan ada tindakan selanjutnya dari UPT Pemadam Kebakaran Satpol-PP Kabupaten Kuningan. (Lilis Sri Handayani)

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image