Suasana Haru Warnai Pengukuhan Paskibraka Indramayu 2022

Jogregan  
Pengukuhan Paskibraka Kabupaten Indramayu 2022. (Diskominfo Kabupaten Indramayu)
Pengukuhan Paskibraka Kabupaten Indramayu 2022. (Diskominfo Kabupaten Indramayu)

INDRAMAYU – Kehadiran Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tak bisa dilepaskan dari upacara memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Tak hanya di tingkat nasional, anggota Paskibraka juga hadir di setiap provinsi maupun kabupaten/kota di Indonesia.

Para siswa tingkat SMA/SMK/MA pun harus melewati seleksi ketat untuk terpilih sebagai anggota Paskibraka. Karenanya, menjadi sebuah kebanggaan jika bisa terpilih menajdi anggota Paskibraka, baik bagi diri mereka sendiri, orang tua maupun sekolah.

Suasana haru pun selalu menyelimuti prosesi pengukuhan anggota Paskibraka. Hal itu seperti yang terlihat saat pengukuhan Paskibraka di Kabupaten Indramayu, Senin (15/8/2022) petang.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Prosesi pengukuhan dilakukan oleh Bupati Indramayu, Nina Agustina, terhadap para anggota Paskibraka yang akan bertugas dalam upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI Tingkat Kabupaten Indramayu, 17 Agustus 2022. Kegiatan itu berlangsung di Pendopo Kabupaten Indramayu.

Pengukuhan yang juga dihadiri orang tua anggota Paskibraka itu berlangsung dengan khidmat. Seusai pengukuhan, anggota Paskibraka Kabupaten Indramayu berhamburan menuju orang tuanya masing-masing.

Suasana haru semakin terasa saat anggota Paskibraka memeluk orang tua mereka, yang terlihat sangat bangga atas apa yang diraih anak-anaknya. Tidak sedikit dari orang tua yang menitikkan air mata kebahagiaan atas prestasi yang diraih anak mereka.

Setelah dikukuhkan oleh bupati, para anggota Paskibraka itu membacakan Ikrar Putra Indonesia, yang dipandu oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Jajang Sudrajat.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dispara) Kabupaten Indramayu, Trinani, menerangkan, pelaksanaan seleksi dan pelatihan Paskibraka Kabupaten Indramayu dilaksanakan oleh instansinya bekerja sama dengan Polres Indramayu dan Purna Paskibraka Indramayu.

‘’Seleksi dan pelatihan Paskibraka Kabupaten Indramayu dengan protokol kesehatan yang ketat dilaksanakan pada 12- 27 Maret 2022,’’ terang Trinani.

Seleksi diikuti oleh 512 peserta, yang berasal dari 69 sekolah SMA, SMK dan MA se-Kabupaten Indramayu. Dari jumlah itu, terpilih sebanyak 30 paskibraka.

‘’Satu peserta terbaik lolos menjadi calon Paskibraka Provinsi Jawa Barat atas nama Muhammad Ridha Garnida dari MAN 1 Indramayu,’’ cetus Trinani.

Trinani menambahkan, pelatihan dilaksanakan selama dua bulan. Adapun materinya berupa pelatihan pemantapan ketahanan fisik dan mental, dengan pembekalan wawasan kebangsaan dan ideologi Pancasila. (Lilis Sri Handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image