Ada Merah Putih Sepanjang 750 Meter Saat HUT ke-77 RI di Indramayu

Jogregan  
Kirab bendera Merah Putih terpanjang di Kabupaten Indramayu. (Istimewa)
Kirab bendera Merah Putih terpanjang di Kabupaten Indramayu. (Istimewa)

INDRAMAYU – Kegembiraan menyambut perayakan peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia dilakukan dengan berabagai cara. Di Blok Jangga Tua, Desa Jumbleng, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu, ribuan masyarakat merayakannya dengan menggelar kirab bendera merah putih sepanjang 750 meter.

Bendera merah putih sepanjang 750 meter tersebut dibentangkan dan diarak keliling desa, Rabu (17/8/2022). Kegiatan itu diikuti oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Kegiatan yang diinisiasi Gubug Merah Putih Jangga Tua itu rutin digelar setiap tahun. Meski saat pandemi selama dua tahun, kegiatan terpaksa ditiadakan. Pada peringatan kemerdekaan tahun ini, gelaran kirab kembali dilakukan dan terhitung merupakan yang keempat kalinya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kirab bendera merah putih itu bertujuan untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat agar selalu menanamkan jiwa nasionalisme dan cinta tanah air, serta sebagai bentuk menghargai sejarah perjuangan perebutan kemerdekaan Republik Indonesia.

Salah seorang pelaksana kegiatan, Jayanto, mengatakan kegiatan tersebut dipersiapkan selama sebulan. Warga pun secara antusias ikut terlibat, apalagi setelah dua tahun perayaan HUT kemerdekaan terkendala pandemi.

‘’Kirab ini kembali kami gelar setelah sebelumnya terhenti selama dua tahun akibat pandemi, Alhamdulillah warga antusias untuk ikut berpartisipasi membentangkan 750 meter bendera merah putih,’’ tutur Jayanto.

Selain membentangkan bendera merah putih terpanjang di Kabupaten Indramayu, sebelumnya di pagi harinya warga juga mengikuti upacara HUT kemerdekaan. Dalam upacara itu, juga dikibarkan bendera berukuran besar yakni 17 x 3 meter di lapangan desa setempat.

‘’Sebagai bentuk penghormatan pada jasa para pahlawan, kami juga mengadakan upacara HUT Kemerdekaan dengan penuh khidmat,’’ tukas Jayanto.

Jayanto berharap, di tahun berikutnya, kegiatan tersebut dapat dilangsungkan lebih meriah. Dia juga mengharapkan adanya kepedulian dari pemerintah daerah Indramayu untuk ikut berpartisipasi. (Lilis Sri Handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image