UMKM di Kota Cirebon Naik Kelas, Galeri IKM Bakal Jadi Mall IKM

Bisnis  
Galeri IKM akan segera di-rebranding menjadi Mall IKM. (Diskominfo Kota Cirebon)
Galeri IKM akan segera di-rebranding menjadi Mall IKM. (Diskominfo Kota Cirebon)

CIREBON – Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon terus berupaya menaikkan kelas UMKM. Galeri IKM yang kini telah berdiri pun akan di-rebranding menjadi Mall IKM.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Kota Cirebon, Iing Daiman, Galeri IKM selama ini menempati lantai dasar kantor DKUKMPP Kota Cirebon. Galeri IKM itu memajang produk-produk yang dihasilkan UMKM di Kota Cirebon.

Namun, menurut Iing, selain memajang produk yang dihasilkan, pelaku UMKM juga butuh transaksi agar produk mereka laku. Sehingga untuk memperluas jaringan pemasaran, rebranding galeri IKM menjadi Mall IKM segera dilakukan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

‘’Kami menargetkan Oktober ini bisa segera dilakukan,’’ cetus Iing, Sabtu (20/8/2022).

Untuk mempermudah akses pembelian produk-produk UMKM yang ada di Mall IKM nantinya, maka jalan masuk menuju Mall IKM akan diubah. Untuk saat ini, jalan masuk menuju Galeri IKM harus melalui pintu utama dan melewati pengamanan.

Kondisi tersebut dinilai akan membuat calon pembeli kurang nyaman, sehingga nantinya akan dibuatkan pintu khusus untuk masuk ke kawasan Mall IKM. Sehingga calon pembeli akan nyaman masuk ke Mall IKM.

Iing menambahkan, dengan luas yang hanya 263 meter persegi, jumlah produk UMKM yang terpajang terbatas. Saat ini hanya ada produk dari sekitar 87 UMKM yang dipajang di galeri.

‘’Itu setelah kami melakukan kurasi, di antaranya sudah memiliki NIB, PIRT, dan packaging yang menarik,’’ kata Iing.

Namun, DKUKMPP juga membuat e-katalog untuk produk-produk UMKM yang belum terpajang. Sehingga pemasaran produk-produk UMKM bisa dilakukan secara langsung maupun online.

Iing menambahkan, pihaknya selalu berupaya untuk menaikkan kelas UMKM yang ada di Kota Cirebon.

‘’Kita akan siapkan IKM digi corner. Lokasinya juga di kantor ini,’’ tukas Iing.

Di IKM digi corner, pelaku UMKM dilatih melakukan foto produk, membuat caption hingga pelatihan packaging yang dapat menarik pembeli untuk membeli produk mereka. Bekerja sama dengan salah satu kampus terkenal di Bandung, pelatihan tersebut segera dilakukan.

Tidak hanya itu, ruang podcast untuk menggelar Dialeg atau Dialog Ekonomi Kota Cirebon juga segera disiapkan.

‘’Konsepnya dari mereka, oleh mereka dan untuk mereka,’’ tutur Iing.

Melalui Dialeg itu. pelaku UMKM dapat berbagi pengetahuan dan ilmu untuk meningkatkan mutu produk dan jangkauan pemasaran.

‘’Mereka sebenarnya competitor, tapi pada titik tertentu mereka bersahabat,’’ katanya.

Dengan semua yang dilakukan, Iing berharap UMKM di Kota Cirebon bisa naik kelas. (Lilis Sri Handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image