Ini Ajakan Wabup Tarsono Pada Mahasiswa Majalengka

Jogregan  
Wakil Bupati Majalengka, Tarsono D Mardiana. (Istimewa)
Wakil Bupati Majalengka, Tarsono D Mardiana. (Istimewa)

MAJALENGKA -- Para pemuda dan mahasiswa memiliki peran besar untuk melakukan gerakan perubahan. Hal itu terlihat dari sejarah perjalanan bangsa dan negara ini, yang tidak terlepas dari peran generasi muda yang menjadi pelopornya.

‘’Jelang proklamasi kemerdekaan RI, para pemuda telah menculik Bung Karno agar segera memproklamirkan kemerdekaan RI. Itu menjadi bukti nyata pemuda memiliki andil besar dalam mewujudkan kemerdekaan di republik ini. Termasuk di awal reformasi hingga saat ini,’’ ujar Wakil Bupati Majalengka, Tarsono D Mardiana, Sabtu (24/9/2022).

Hal itu disampaikan Tarsono, saat memberikan suntikan semangat terhadap pengurus Himpunan Mahasiswa Majalengka (Himmaka) Cirebon, yang sedang menggelar pelantikan dan rapat kerja di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusda) Majalengka.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tarsono pun memberikan pesan khusus kepada para mahasiswa Majalengka, agar dapat berkontribusi nyata bagi kemajuan tanah kelahirannya. Dia menyatakan, para mahasiswa harus membuat sejarah baru dalam peradaban saat ini, di antaranya dengan mengisi setiap ruang yang ada dengan kegiatan positif.

Apalagi, sebagai generasi penerus bangsa yang akan menggantikan kepemimpinan di tingkat nasional maupun di daerah, sudah semestinya untuk mempersiapkannya sejak dini.

‘’Banyak sekali manfaat mahasiswa ketika aktif di organisasi. Selain membentuk karakter kepemimpinan, mahasiswa akan selalu berpikir kritis, pandai berkomunikasi, banyak jaringan dan segudang manfaat lainnya. Jadi beruntunglah jika mahasiswa aktif di dalam organisasi,’’ tegas Sekretaris DPC PDIP ini.

Tarsono pun mengaku sangat mendukung gerakan aktivis mahasiswa Majalengka, di antaranya melakukan aksi unjuk rasa di muka umum sebagai bagian dari demokrasi dan kontrol sosial. Namun, hal itu akan jauh lebih baik lagi, jika para aktivis mahasiswa bisa memberikan ide dan gagasannya melalui hasil kajian akademik dan terjun ke lapangan.

‘’Kita saat ini memang punya eksekutif (dinas dan kantor) sebagai pelaksana kegiatan. Akan tetapi sebagai pembanding program dan kontrol sosial, akan jauh lebih baik jika disamping itu ada sumbangsih ide dan gagasan dari mahasiswa untuk Pemkab Majalengka,’’ cetus Tarsono.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut, turut hadir Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Agus Suratman dan Ketua Himmaka Indonesia, Samsul Ma'arif serta Anggota Dewan Pembina, H Jejep Falahul Alam.

Pada acara itu pula dilakukan sertijab antara Ketua Umum Himmaka Cirebon periode 2021-2022, Agung Budiman ke Ketum Himmaka periode 2022-2023, Otis Ridiana.

Ketua Umum Himmaka Indonesia, Samsul Ma'arif, berharap para pengurus baru Himmaka Cirebon agar mampu meningkatkan program kerjanya. Himmaka Cirebon juga diminta agar selalu berpikir kritis, melestarikan budaya membaca dan berdiskusi baik secara formal maupun non formal.

‘’Saya ucapkan terima kasih ke Ketum Himmaka (Cirebon) Agung Budiman yang telah mengabdi kepada ke Himmaka,’’ tandas Samsul. (Lilis Sri Handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image