Ada Peremajaan Taman, Media Jalan Cipto Bakal Lebih Cantik

Jogregan  
Peremajaan taman di media jalan Cipto. (Diskominfo Kota Cirebon)
Peremajaan taman di media jalan Cipto. (Diskominfo Kota Cirebon)

CIREBON – Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP) Kota Cirebon melakukan peremajaan taman di median Jalan Dr Cipto Mangunkusumo, Jumat (30/9/2022). Peremajaan taman itu untuk menata dan mempercantik media jalan tersebut.

Kepala DPRKP Kota Cirebon, Wandi Sofyan, mengatakan, peremajaan dilakukan secara bertahap. Untuk tahap awal, peremajaan dari depan SMAN 2 Cirebon sampai Markas Koramil 1401 Kesambi. Kemudian dilanjutkan hingga perempatan eks Pusdiklatpri.

‘’Kami ingin menunjukkan bahwa ada perubahan yang cukup signifikan di Kota Cirebon,’’ kata Wandi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Wandi menambahkan, pihaknya terlebih dahulu melakukan monitoring. Hasilnya, ditemukan media tanam kering dan tanaman rusak. Untuk media tanam yang kering akan ditambah dengan pupuk kompos, sedangkan tanaman rusak akan diganti yang baru.

‘’Saat datang ke lokasi, ternyata media tanam kering, otomatis tanaman rusak. Jadi kami ganti baru,’’ tukas Wandi.

Dalam peremajaan itu, lanjut Wandi, pihaknya juga akan menanam delapan jenis pohon yang tahan terhadap perubahan cuaca. Delapan jenis pohon itu yakni, bakung air mancur, brokoli kuning, es lilin, kriminil merah, lavender, philodendrum, soka merah dan melati mini.

‘’Kami akan sebar ke sepanjang median jalan ini. Setelah tumbuh subur akan terlihat keindahan

di ruas Jalan Cipto Mangunkusumo,’’ kata Wandi.

Terkait pemeliharaan, Wandi mengaku, sudah dikerjakan rutin setiap hari dengan waktu yang menyesuaikan cuaca. Saat musim hujan, penyiraman hanya dua kali sehari. Sedangkan saat kemarau, penyiraman dilakukan tiga kali sehari.

‘’Pasukan biru kami rutin melakukan penyiraman bukan hanya Jalan Cipto Mangunkusumo, namun ruas jalan lain di Kota Cirebon,’’ cetus Wandi.

Selain itu, pihaknya memberikan ruang khusus bagi pejalan kaki yang menyebrang di ruas jalan tersebut. Sehingga tidak ada alasan bagi pejalan kaki menginjak tanaman di media jalan.

‘’Jaraknya kami atur agar pejalan kaki tidak menginjak tanaman yang sudah dirawat oleh DPRKP Kota Cirebon,’’ tandas Wandi. (Lilis Sri Handayani)

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image