Peringati HKN ke-22, Wali Kota Ajak Sukseskan Pembangunan Kesehatan

Jogregan  
Upacara HKN di Balai Kota Cirebon. (Dok Diskominfo Kota Cirebon)
Upacara HKN di Balai Kota Cirebon. (Dok Diskominfo Kota Cirebon)

CIREBON – Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun 2022 tingkat Kota Cirebon menjadi momentum untuk bersama-sama melaksanakan pembangunan kesehatan yang berkelanjutan, terjangkau dan merata demi menciptakan generasi masa depan yang sehat dan berkualitas.

Hal itu disampaikan Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, saat membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI dalam upacara HKN ke-58 tahun 2022 tingkat Kota Cirebon, Senin (14/11/2022) di halaman gedung Sekretariat Daerah Kota Cirebon.

Azis mengatakan, 58 tahun dalam hitungan HKN bukanlah usia yang singkat. Banyak pencapaian pembangunan kesehatan yang sudah diraih, khususnya saat menghadapi pandemi Covid-19. Terlebih kesehatan masyarakat memiliki peran penting dalam upaya peningkatan sumber daya manusia, penanggulangan kemiskinan, dan pembangunan ekonomi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

‘’Selama pandemi, kendala dan tantangan penyediaan pelayanan kesehatan menguji sistem kesehatan yang ternyata tidak siap menghadapi pandemi. Namun, dengan kolaborasi profesional segala sektor, pandemi ini hampir kita lalui,’’ kata Azis.

Saat ini, lanjut Azis, dalam menghadapi masa transisi dari pandemi ke endemi, pemerintah mulai melonggarkan aturan pembatasan terkait pencegahan pandemi Covid-19. Salah satunya dengan memperbolehkan masyarakat untuk tidak memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang.

‘’Namun hal ini merupakan tantangan tersendiri di bidang kesehatan. Setelah fokus pada penanganan pandemi Covid-19, kini kita dihadapkan pada penanganan Penyakit Tidak Menular (PTM),’’ terangnya.

Oleh sebab itu, lanjut Azis, dibutuhkan pelayanan kesehatan yang lebih siaga, antisipatif, responsif, dan tangguh dalam menghadapi ancaman masalah kesehatan yang terjadi saat ini maupun yang akan datang.

Melalui Kementerian Kesehatan, imbuh Azis, pemerintah telah menyusun langkah konkret dengan melakukan transformasi sistem kesehatan yang fokus pada enam pilar.

Keenam pilar tersebut adalah layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan, SDM Kesehatan, dan teknologi kesehatan.

‘’Saya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran kesehatan lintas sektor yang tanpa mengenal lelah berjuang menyelamatkan bangsa dari pandemi Covid-19,’’ tukas Azis.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Siti Maria Listiawaty juga mengapresiasi atas kinerja seluruh tenaga kesehatan yang sudah memberikan yang terbaik untuk masyarakat Kota Cirebon.

‘’Saya bersyukur karena seluruh tenaga kesehatan kompak, sigap dan siap menjalankan regulasi yang sudah ditentukan oleh pemerintah,’’ cetus Maria.

Meski demikian, Dians Kesehatan bersama seluruh tenaga kesehatan tetap siaga untuk mengantisipasi lonjakan Covid-19 di Kota Cirebon. Terlebih saat ini, masih ada 16 orang yang diisolasi.

‘’Covid-19 masih ada, sehingga beberapa rumah sakit sudah mempersiapkan untuk layanan penanganan Covid-19,’’ tandas Maria. (Lilis Sri Handayani)

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image