Disengat Tawon Vespa, Empat Warga Kuningan Dilarikan ke Puskesmas

Jogregan  
Petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Kuningan mengevakuasi sarang tawon. (Dok Damkar Kuningan)
Petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Kuningan mengevakuasi sarang tawon. (Dok Damkar Kuningan)

KUNINGAN – Sengatan tawon Vespa affinis kembali dilaporkan terjadi di Kabupaten Kuningan. Kali ini, empat orang warga terpaksa dilarikan ke puskesmas setelah disengat tawon tersebut saat sedang bekerja di ladang.

Peristiwa itu terjadi Wilayah IV Pasiripis RT 01 dan RT 02 RW 04, serta Wilayah III Pasiripis RT 01 RW 03 Desa Silebu, Kecamatan Pancalang, Kabupaten Kuningan.

‘’Sarang tawon Vespa affinis ditemukan di pohon dan semak-semak area persawahan di tiga lokasi tersebut,’’ ujar Kepala UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan, Mh Khadafi Mufti, Kamis (12/1/2023).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Khadafi menjelaskan, tawon Vespa affinis diketahui menyerang warga setempat yang sedang bekerja di area ladang/persawahan tersebut. Bahkan, tawon masih terus mengejar warga yang berlari ke rumahnya.

Tawon itu diketahui berhasil menyengat empat orang warga. Akibatnya, korban langsung merasakan panas dingin sehingga dilarikan ke Puskemas terdekat untuk mendapatkan perawatan insentif.

Adapun keempat warga yang menjadi korban sengatan tawon Vespa affinis itu adalah Abdul Rohim (50), Ridoni (67), Abdul Rohim (43) dan Udin (50).

‘’Keberadaan sarang tawon dan adanya warga yang disengat tawon itu akhirnya membuat masyarakat menjadi resah dan enggan untuk pergi ke kebun,’’ terang Khadafi.

Khadafi mengatakan, salah seorang warga kemudian menghubungi kantor UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan. Petugas pemadam kebakaran diminta bantuannya untuk memusnahkan keberadaan sarang tawon tersebut.

Butuh waktu selama 1,5 jam bagi anggota pemadam kebakaran untuk mengevakuasi dan memusnahkan sarang tawon di tiga lokasi tersebut.

‘’Alhamdulillah sarang tawon berhasil dimusnahkan. Jika tidak, maka dikhawatirkan dapat membahayakan warga yang sedang dan akan beraktivitas di sekitar ladang /persawahan tersebut,’’ pungkas Khadafi. (Lilis Sri Handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image