Ular Sowo Kopi Nyelonong Masuk Rumah Warga, Ini Tips Mencegahnya

Jogregan  
Petugas Damkar Kuningan mengevakuasi seekor ular dari dalam rumah warga. (Dok Damkar Kuningan) 
Petugas Damkar Kuningan mengevakuasi seekor ular dari dalam rumah warga. (Dok Damkar Kuningan)

KUNINGAN – Petugas pemadam kebakaran Kabupaten Kuningan berhasil mengevakuasi seekor ular Sowo Kopi dari dalam rumah warga di Dusun Kliwon, Desa Purwasari, Kecamatan Garawangi, Kabupaten Kuningan, Ahad (21/5/2023) sekitar pukul 19.00 WIB.

Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan, Mh Khadafi Mufti, mengatakan, keberadaan ular tersebut diketahui pemilik rumah, Rusdi. Saat sedang duduk beristirahat, pemilik rumah melihat ular melintas dan masuk ke dalam rumahnya.

Merasa takut dan khawatir ular itu membahayakan keluarganya, penghuni rumah kemudian melaporkannya ke Kantor UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

‘’Dalam waktu sepuluh menit, ular berhasil dievakuasi,’’ kata Khadafi.

Khadafi menjelaskan, ular Sowo Kopi memang tidak memiliki bisa. Namun, ular tersebut dapat memberikan gigitan yang cukup sakit pada korbannya.

Menurut Khadafi, spesies ular Sowo Kopi tersebar luas, terutama di hutan dataran rendah, tepi hutan dan semak belukar. Namun, telah beradaptasi dengan baik untuk hidup di habitat yang terganggu dan terbuka seperti taman, kebun pedesaan dan daerah pertanian hingga ketinggian 900 meter.

Khadafi pun memberikan tips mencegah ular Sowo Kopi, maupun ular-ular jenis lainnya, agar tidak masuk ke dalam rumah :

1. Bersihkan pekarangan rumah

2. Usir hewan yang menjadi mangsa ular

3. Tempatkan hewan peliharaan di tempat aman

4. Semprotkan pengharum rumah

5. Isi lubang dengan benda padat

6. Pakai kapur barus atau bahan aroma yang wangi dan menyengat, yang merupakan salah satu musuh terbesar ular dan sejumlah hewan lainnya.

‘’Kami juga mengimbau agar warga jangan membiarkan tumpukan bahan bangunan, bekas sampah, atau membiarkan halaman rumah/toko kotor dan lembab, karena akan mengundang ular masuk,’’ tukas Khadafi. (lilis sri handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image