1.766 Pelajar Tingkat SMP di Cirebon Ikuti Lomba Bintang Pelajar

Jogregan  
(Dok Diskominfo Kabupaten Cirebon)
(Dok Diskominfo Kabupaten Cirebon)

CIREBON -- Sebanyak 1.766 pelajar dari sekolah tingkat SMP di Kabupaten Cirebon, mengikuti kegiatan lomba bintang pelajar. Kegiatan itu diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon.

Dari jumlah 1.766 peserta, tersaring sebanyak 176 siswa, yang berhak masuk kedalam gran final Lomba Bintang Pelajar. Acara tersebut diselenggarakan di Pendopo Bupati Cirebon, Jumat (11/8/2023).

Bupati Cirebon, Imron, mengatakan, kegiatan perlombaan keilmuan seperti itu bisa mendorong para pelajar untuk lebih giat dalam belajar. Pasalnya, para pelajar bisa merasakan secara langsung pemahaman keilmuan yang dimiliki oleh masing-masing peserta.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

‘’Para pelajar jadi pada sadar, bahwa ternyata banyak saingannya. Sehingga bisa memacu mereka untuk meningkatkan belajar,’’ ujar Imron.

Imron berharap, perlombaan itu bisa menyaring siswa-siswa yang berprestasi untuk tingkat SMP di Kabupaten Cirebon.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, Ronianto menuturkan, perlombaan tersebut merupakan salah satu bentuk inovasi pembelajaran bagi para siswa.

Dalam perlombaan itu, para siswa juga bisa bersilaturahmi dengan sekolah-sekolah lainnya sehingga bisa menjalin pertemanan yang baik. Ini juga menjadi salah satu upaya mencegah adanya tawuran antar pelajar.

‘’Biasanya hanya berinteraksi dengan rekan sekolah sendiri, sekarang bisa bertemu dengan siswa dari sekolah lain,’’ kata Roni.

Untuk pelaksanaannya, kegiatan itu diawali dengan seleksi yang dilaksanakan di masing-masing sub rayon.

Jumlah keseluruhan peserta mencapai 1.766 siswa. Namun setelah adanya seleksi, hanya sebanyak 176 siswa yang masuk grand final.

‘’Kegiatan perlombaan ini hanya sampai di level kabupaten saja,’’ ucap Roni. (Lilis Sri Handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image