Nina Agustina: Tindak Tegas Jika Ada Mafia Air

Jogregan  
Petani mengatur pompa air untuk pengairan lahan persawahan. (Republika/Wihdan Hidayat)
Petani mengatur pompa air untuk pengairan lahan persawahan. (Republika/Wihdan Hidayat)

INDRAMAYU – Bupati Indramayu Nina Agustina memberi arahan tegas kepada seluruh camatnya. Arahan itu mengharuskan seluruh camat harus 'ngantor' di pintu-pintu air.

Arahan Nina ini, dilakukan sebagai upaya mengamankan distribusi air agar bisa masuk ke areal pesawahan yang ada di wilayahnya. "Para camat harus ngantor di pintu-pintu air dan menindak tegas jika ada mafia air yang mengganggu distribusi air tersebut," ucap Nina, Kamis (24/8/2023).

Informasi yang diperoleh Matapantura.com mengatakan, untuk mendapatkan air pengairan di musim kemarau saat ini, sangat susah. Namun, sejumlah oknum dan juga kalangan orang-orang tertentu (sebut mafia air) memanfaatkan kondisi kemarau itu untuk mencari keuntungan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dikatakan Nina, distribusi air irigasi dengan menggunakan sistem gilir giring harus mendapatkan perhatian semua pihak termasuk keterlibatan TNI dan Polri.

Maka, sebagai bukti komitmen terhadap sektor pertanian dan sistem gilir giring, 31 Camat di Kabupaten Indramayu harus mengamankannya dengan mendatangi langsung pintu air untuk memastikan bahwa aliran air masuk ke wilayahnya.

Bahkan, beberapa camat juga harus bermalam di pintu air berbaur bersama aparat lainnya dan dibantu masyarakat.

Camat Cantigi Winaryo mengatakan, untuk memastikan air bisa masuk ke wilayah Cantigi dirinya harus mengamankan sampai ke wilayah Lohbener.

Camat Anjatan Rory Firmansyah dan Plt. Camat Sukra Mulya Setiawan bahkan harus mendatangi langsung ke pintu air Salam Darma yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Subang.

Camat Krangkeng Suminta dan Camat Kedokan Bunder Atang Suwandi harus mendatangi langsung pintu air Kali Kapur sebagai pintu pembagi irigasi di Indramayu Timur. Sedangkan Camat Sindang Suyitno langsung monitoring irigasi yang masuk ke sawah-sawah petani.

Nina menegaskan, pihaknya semakin menaruh perhatian terhadap sektor pertanian dan patut berbangga dengan yang dilakukan oleh semua pihak di Kabupaten Indramayu.

Menghadapi dampak El Nino saat ini, lanjut Nina, manajemen pengelolaan air harus ditingkatkan dengan melibatkan lintas sektoral. “Jika di lapangan ditemukan mafia air segeralah melapor ke pihak berwajib,” tegas Nina. n Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image