Waspada! Penipuan Lewat WA Palsu Sekda Kuningan dengan Modus Penyaluran Donasi

Jogregan  
(Dok Diskominfo Kabupaten Kuningan)
(Dok Diskominfo Kabupaten Kuningan)

KUNINGAN – Masyarakat Kabupaten Kuningan diingatkan untuk waspada terhadap penipuan yang dilakukan melalui akun Whatsapp palsu, yang mengatasnamakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kuningan, Dr H Dian Rachmat Yanuar, M.Si.

Modus yang digunakan adalah permohonan penyaluran donasi untuk panti asuhan.

Penipuan itu dimulai dengan penggunaan nomor akun Whatsapp palsu yang mengatasnamakan Pak Akbar Darul Yatim. Pelaku menginformasikan kepada korban bahwa ada bantuan donasi sejumlah uang yang dititipkan kepada korban, dengan klaim bahwa itu dari Dr H Dian Rachmat Yanuar, M.Si.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Setelah itu, nomor Whatsapp atas nama Dr Dian Rachmat Yanuar, M.Si menghubungi korban, membenarkan keberadaan bantuan tersebut. Setelah itu, meminta korban untuk melakukan donasi dengan mentransfer sejumlah uang ke Darul Yatim.

Beruntung, korban tidak terjebak dalam penipuan tersebut dan melakukan konfirmasi langsung kepada Sekda Kuningan.

Sekda Kabupaten Kuningan, Dian Rachmat Yanuar, dengan tegas menyatakan bahwa akun Whatsapp tersebut palsu.

‘’Kepada masyarakat, mohon agar tidak mudah percaya dan menanggapi modus dari nomor akun palsu tersebut,’’ ungkapnya, Jumat (15/12/2023) malam.

Dian pun mengingatkan masyarakat untuk selalu berhati-hati jika ada yang menghubungi menggunakan nomor baru atau tidak dikenal. Disarankan untuk melakukan pengecekan kebenaran nomor tersebut sebelum merespon dan tidak mudah terpancing dalam situasi yang dapat merugikan.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image