Manfaatkan Moment Mudik, Jalur Pantura Bakal Diramaikan Oleh-Oleh Khas Indramyu

Jogregan  
Sejumlah pekerja menyelesaikan pengecatan marka jalan di jalur pantura Widasari, Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (16/4/2022). Pengecatan marka jalan tersebut untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pemudik yang akan melintas saat mudik Lebaran 2022. - (ANTARA/Dedhez Anggara)
Sejumlah pekerja menyelesaikan pengecatan marka jalan di jalur pantura Widasari, Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (16/4/2022). Pengecatan marka jalan tersebut untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pemudik yang akan melintas saat mudik Lebaran 2022. - (ANTARA/Dedhez Anggara)

INDRAMAYU -- Moment mudik Lebaran 1443 H sakarang ini, pastinya telah ditunggu-tunggu oleh ummat musim di Tanah Air. Betapa tidak, setelah tidak diperkenankan selama 2 tahun, akhirnya pemerintah telah mencabut larangan mudik bagi masyarakat yang merantau di luar daerah.

Tentunya, arus pemudik Bulan Ramadhan 1443 H ini nanti diperkirakan akan berdampak pada peningkatan perekonomian daerah, khususnya untuk Kabupaten Indramayu. Wajar, karena daerah ini berada di lintasan mudik pulau Jawa, dari pusat ibu kota negara Jakarta menuju berbagai daerah di pulau jawa.

Karenanya, menyikapi momen mudik lebaran 2022 ini, Pemerintah Kabupaten Indramayu tidak mau ketinggalan untuk memaksimalkan kehadiran pemudik yang melintasi jalur Pantura Indramayu. Salah satunya, dengan menghadirkan produk-produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) unggulan dan khas Indramayu di setiap pos pengamanan pemudik maupun arus balik nanti dalam tajuk “Posko Mudik Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat)”.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Keinginan untuk memanfaatkan moment tersebut, terungkap ketika Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Indramayu Maman Kostaman memimpin rapat bersama beberapa kepala perangkat daerah terkait, Staf Bupati Indramayu Bidang UMKM Ato Susanto, dan beberapa camat yang wilayahnya dilalui Jalur Mudik, dalam persiapan 'Posko Mudik Bermartabat'.

Sejumlah pekerja menjemur kulit ikan yang akan dijadikan kerupuk di sentra industri kerupuk Desa Kenanga, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, Rabu (13/4/2022).  (Republika/Lilis Sri Handayani)
Sejumlah pekerja menjemur kulit ikan yang akan dijadikan kerupuk di sentra industri kerupuk Desa Kenanga, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, Rabu (13/4/2022). (Republika/Lilis Sri Handayani)

Dikatakan Maman Kostaman, 'Posko Mudik Bermartabat” ini sebagai langkah konkrit Pemerintah Kabupaten Indramayu atas keinginan Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar. Bupati, kata Maman, ingin menempatkan produk UMKM unggulan dan khas Indramayu di masing-masing pos pengamanan mudik lebaran Pantura Indramayu.

“Posko Mudik Bermartabat ini merupakan keinginan luar biasa Bupati Indramayu bahwa produk-produk UMKM kita bisa dikenal, bisa dibawa oleh para pemudik yang melintasi Jalur Pantura di Indramayu,” katanya.

Dia menjelaskan, persiapan untuk terlaksananya Posko Mudik Bermartabat nanti terus digodok. Baik lokasi untuk ditempatkannya produk UMKM di masing-masing pos mudik maupun arus balik, hingga pihak Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagin) Kabupaten Indramayu menghadirkan produk-produk UMKM dari mana saja yang akan di pajang atau dipromosikan dengan berkoordinasi dengan masing-masing kecamatan.

“Nanti petugas yang mempromosikan produk UMKM perlu dilakukan siapa saja sehingga perlu dipersiapkan. Semoga ini bisa dilaksanakan dengan baik dan kita persiapkan dengan matang pelaksanaan pos pemudik yang akan disandingkan adanya produk UMKM Kabupaten Indramayu,” ujarnya.

Maman menambahkan, di Posko Mudik Bermartabat ini nantinya para pemudik direncanakan selain bisa membeli produk UMKM unggulan dan khas Indramayu juga bisa menggunakan fasilitas posko vaksin dan posko takjil yang disediakan Pemerintah Kabupaten Indramayu.

Salah satu pelaku UMKM di Desa Kenang, Kecamatan Sindang, Sunarto (50 tahun) mengaku senang mendengar kabar itu. Sudah seharusnya pemerintah daerah memfasilitasi produk yang dihasilkan oleh UMKM. Apalagi, di masa pandemi ini, orderan turun cukup signigikan," kata pengusaha kerupuk dan produk jadinya saat ditemui matapantura.republika.co.id, Selasa (19/4/2022). n

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image