Cegah Kebakaran, Ini Tips Aman Tinggalkan Rumah Saat Mudik

Tips  
Pelatihan pencegahan dan penanganan kebakaran. (Dok UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan)
Pelatihan pencegahan dan penanganan kebakaran. (Dok UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan)

KUNINGAN – Mudik lebaran menjadi momen yang sangat dinantikan para perantau. Setelah sekian lama meninggalkan kampung halaman, mudik menjadi kesempatan bagi mereka untuk kembali bertemu sanak keluarga yang dirindukan.

Namun, kegembiraan dalam menyambut mudik, tak semestinya mengabaikan keamanan rumah yang ditinggalkan. Termasuk dalam menghadapi risiko kebakaran.

Untuk itu, UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan menyampaikan beberapa tips aman mudik lebaran, khususnya dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran rumah. Yakni :

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Titipkan rumah anda kepada keluarga terdekat dan atau kepada pengurus RT/RW setempat. Bahkan bila perlu kepada pihak kepolisian terdekat. Selain itu, tinggalkan nomor kontak yang bisa dihubungi kepada mereka.

2. Ketika akan meninggalkan rumah, pastikan seluruh colokan listrik yang masih menempel dan teraliri listrik, dicabut terlebih dulu, seperti televisi, AC, waterheater, kipas angin dan lainnya.

3. Nyalakan lampu hanya pada titik-titik tertentu saja, seperti halaman depan rumah dan ruang tengah. Sedangkan lampu lainnya lebih baik dimatikan saja untuk menjaga stabilitas daya agar tidak melebihi kapasitas. Saat terjadi mati lampu dan listrik menyala, aliran listrik akan sangat tinggi.

4. Periksa dan pastikan atap plafon rumah tidak bocor untuk menghindari konsleting arus pendek listrik diarea plafon rumah.

5. Singkirkan bahan-bahan yang mudah terbakar dan amankan di tempat yang kering dan tidak terkena sinar matahari.

6. Singkirkan bekas pecahan kaca, botol minuman, botol bekas obat serangga, bekas oli dan lainnya agar tidak terkena sinar matahari secara langsung.

7. Jangan menumpuk sampah berdekatan dengan bangunan rumah

8. Lepaskan regulator dari gas elpigi, kemudian tutup head gas elpiji dengan plastik dan diikat karet untuk menghindari kebocoran gas.

9. Periksa kembali instalasi listrik (kabel, listrik menggunakan standar SNI) termasuk bagi anda yang menggunakan KWH dengan sistem voucher. Pastikan voucher terisi penuh sampai anda kembali pulang ke rumah, jangan sampai dibiarkan kosong.

Pelatihan pencegahan dan penanganan kebakaran. (Dok UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan)
Pelatihan pencegahan dan penanganan kebakaran. (Dok UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan)

‘’Semoga tips ini bisa bermanfaat sebagai upaya pencegahan risiko kebakaran. Selamat mudik, semoga selamat sampai tujuan dan rumah yang ditinggalkan tetap aman dari ancaman kebakaran,’’ tandas Kepala UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan, Mh Khadafi Mufti. (Lilis Sri Handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image