Bolehkah Melanjutkan Puasa Jika Haid Datang Tengah Hari?

Tajug  
Darah Menstruasi (Ilustrasi) - (Google)
Darah Menstruasi (Ilustrasi) - (Google)

Menstruasi atau haid adalah siklus normal bulanan di mana wanita mengalami perdarahan dari vagina. Darah menstruasi berasal dari lapisan rahim.

Setiap bulan tubuh seorang wanita mempersiapkan kehamilan dengan menghasilkan sel telur dari indung telur. Proses ini yang disebut ovulasi. Jika kehamilan tidak terjadi, maka Anda mengalami menstruasi.

Gejala haid dapat bervariasi pada setiap wanita. Anda juga dapat mengalami gabungan gejala, emosional dan fisik, yang dimulai sebelum siklus Anda.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pertanyaannya, jika seorang muslimah berpuasa dan mendapat menstruasi di tengah hari, apakah harus mempertahankan puasanya? Ini karena ada yang menyebutkan, bahwa jika kita mendapatkan menstruasi setelah tengah hari, kita harus menjaga puasa kita.

Dikutip dari aboutislam.net, Jumat (28/4/2022), Dosen Senior dan Cendekiawan Islam di Institut Islam Toronto, Ontario, Kanada, Sheikh Ahmad Kutty, mengatakan, setelah mendapat haid, puasanya batal dan Anda diperbolehkan makan dan minum seperti orang lain yang dibebaskan dari puasa karena sakit, bepergian, hamil, atau menyusui.

"Tidak ada dalam sumber-sumber Islam otentik yang mewajibkan Anda untuk mempertahankan puasa Anda dan menahan diri dari makanan dan minuman setelah menstruasi Anda dimulai," katanya.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image