Nusa Cling, Sabun Cuci Piring Probiotik Karya Anak SMK

Bisnis  
Sabun Nusa Cling. (Lilis Sri Handayani)
Sabun Nusa Cling. (Lilis Sri Handayani)

INDRAMAYU – Sabun cuci piring menjadi kebutuhan tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan sabun tersebut, maka peralatan makan maupun perabot dapur yang kotor bisa bersih kembali, bebas dari minyak bahkan ‘cling’ berkilau.

Beragam merek sabun cuci piring pun dapat dijumpai dengan mudah di pasaran. Mulai yang berbentuk krim maupun cair.

Di Kabupaten Indramayu, anak-anak SMK NU Sukra tak mau ketinggalan. Mereka pun memproduksi sendiri sabun cuci piring, yang diberi merek ‘’Nusa Cling’’.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Nusa Cling diklaim memiliki keunggulan karena mengandung probiotik atau bakteri baik. Dengan kandungan itu, maka sabun cuci piring berbentuk cair tersebut lebih aman digunakan dan lebih bersih hasil cuciannya.

Kepala Sekolah SMK NU Sukra, Khalimatus Sa’diyah, menjelaskan, Nusa Cling baru diproduksi oleh anak-anak didiknya pada 20 April 2022. Sabun cuci piring probiotik itu dikemas dalam kemasan botol berukuran 800 mililiter.

‘’Kami baru satu kali produksi sebanyak 153 botol dan langsung habis terjual,’’ ujar perempuan yang akrab disapa Diah itu, Sabtu (7/5/2022).

Proses produksi perdana itu terpaksa terhenti sementara karena memasuki libur Lebaran Idul Fitri 1443 H. Proses produksi akan kembali berlanjut saat kegiatan belajar mengajar (KBM) mulai aktif kembali pada pekan depan.

Diah mengatakan, pembuatan Nusa Cling itu dilakukan melalui kerja sama dengan pihak ketiga, dalam hal ini PT Marvelindo Cipta Abadi. Perusahaan itulah yang memasok bahan baku utama dan alat produksi pembuatan sabun.

Proses pembuatan sabun selanjutnya dilakukan para siswa SMK NU Sukra di sekolah mereka yang terletak di Jalan Embutan Dusun Sukajadi, Desa/Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu.

Tak hanya pada proses produksi, para siswa di sekolah itu juga dilibatkan dalam proses pemasarannya. Hal itu dimaksudkan untuk menanamkan jiwa kewirausahaan pada mereka.

Sabun Nusa Cling berkapasitas 800 mililiter itu dijual dengan harga Rp 13 ribu per botol. Namun, mereka memberikan promos beli dua botol 800 mililiter free satu botol ukuran 350 mililiter, selama persediaan masih ada.

‘’Kedepan, kami akan berinovasi dengan memproduksi berbagai macam ukuran dan varian produk lainnya seperti detergen cair, pewangi pakaian, pelican dan pengharum pakaian saat disetrika maupun pengharum lantai,’’ tandas Diah. (Lilis Sri Handayani)

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image