Pipa Minyak Mentah Pertamina Bocor dan Terbakar di Blok Cidadap

Jogregan  
Petugas membersihkan saluran air yang tercemar akibat kebocoran pipa minyak PT Pertamina. (Ilustrasi) (Republika) 
Petugas membersihkan saluran air yang tercemar akibat kebocoran pipa minyak PT Pertamina. (Ilustrasi) (Republika)

INDRAMAYU -- Warga desa di Blok Cidadap, Desa Cikedung, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu dikagetkan dengan kobaran api disertai asap hitam pekat yang muncul di sektiar areal persawahan, Senin (9/5/2022).

Kobaran api bersumber dari pipa minyak mentah milik Pertamina yang bocor dan terbakar. Sejumlah petugas dari Pertamina yang mendapat laporan dari warga, kini tengah berusaha memadamkan kobaran api terebut.

Sebelumnya, pipa minyak mentah yang terbakar terebut, diketahui telah mengalami kebocoran sejak Rabu (4/5/2022). Bahkan, upaya melokalisasi aliran minyak mentah menuju persawahan dan sungai pun sudah dilakukan petugas dari Pertamina.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Namun, pipa justru terbakar tanpa penyebab yang belum jelas. Warga setempat menyebutkan, korban api itu muncul pada siang hari di sekitar Sungai Belik, Blok Cidadap.

"Kobaran apinya cukup besar disertai asap hitam pekat," kata warga yang langsung melaporkan peristiwa itu ke aparat berwajib yang kemudian diteruskan ke pihak Pertamina.

Sementara Camat Cikedung, M Nurul Huda, kepada wartawan membenarkan adanya peristiwa kebakaran tersebut. Namun, kata dia, api sudah bisa dikuasi.

"Saat ini, masih perlu dilakukan upaya pembersihan minyak mentah yang telah mencemari sungai dan areal persawahan," katanya.

Aparat di Polsek Cikedung sebenarnya sudah menerima laporn soal terjadinya kebocoran beberapa hari sebelum peristiwa kebakaran. Namun, terkait peristiwa kebakaran yang terjadi siang ini, pihaknya masih melakukan penyelidikan. n Agus Yulianto

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image