Our Caring Saves Lives, Catatan Eko Pratomo

Jogregan  
Tanggal 10 Mei, diperingati sebagai World Lupus Day - Hari Lupus Sedunia. (Istimewa)
Tanggal 10 Mei, diperingati sebagai World Lupus Day - Hari Lupus Sedunia. (Istimewa)

Februari 1999 mungkin menjadi awal menghadapi hari-2 yang "kelam". Istriku dinyatakan mengidap penyakit Lupus, dan harus menjalani serangkain operasi, termasuk karena efek samping pengobatan yang harus dijalaninya mengalami kehilangan penglihatan, dan pengangkatan rahim mungkin malah lebih "menyakitkan" dari penyakit Lupus yang dialaminya.

Banyak yang tidak mengenal apa itu penyakit Lupus, ketika itu. Termasuk diriku. Dan ketidaktahuan sering membuat segalanya lebih menakutkan. Beruntung istriku termasuk wanita yang tidak mudah menyerah.

Walau didera dua kali depresi lumayan berat, hubungan dengan Sang Khalik tidak pernah dilepasnya. Pertolongan-Nya hadir tidak hanya utk menyelamatkan dirinya, tapi Dia menguatkan istriku utk juga membantu sesama penyandang Lupus dan penyandang difabel netra.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Bay the way, istriku berupaya mengganti kata penderita menjadi penyandang. Karena katanya, sakit tidak harus menderita.

Tahun 2004 hadir Syamsi Dhuha Foundation (syamsidhuhafoundation.org) dimana istriku dibantu banyak sahabatnya berjuang membantu meningkatkan kualitas hidup para penyandang lupus (autoimun) dan difabel netra, melalui berbagai kegiatan.

Semangat untuk berjuang bersama dalam suatu komunitas, terbukti lebih meringankan para penyandang Lupus hidup bersahabat dan berdampingan dengan 'Si Luppy', sahabat yang suka nakal.

Salah satu kontribusi SDF bagi Dunia adalah Buku Edukasi dalam bentuk Komik dan Video Animasi "Lupus Sahabatku yang Nakal" yang bekerja sama dengan Asosiasi Lupus Eropa (Lupus Europe), sudah diterjemakan ke dalam 5 bahasa: Inggris, Perancis, Belanda, Jerman dan Arab.

Dulu, aku dan istriku menganggap Lupus adalah musibah, namun ternyata Allah selalu punya rencana indah. Lupus justru melahirkan Syamsi Dhuha Foundation, yang membuat hidupku dan istriku lebih bermakna, dan semoga ini menjadi jalan untuk bisa bertemu dengan sang Khalik kelak.

Tanggal 10 Mei, diperingati sebagai World Lupus Day - Hari Lupus Sedunia. Mungkin sahabat-sahabat berkenan memasang profile picture di bawah ini selama Bulan Mei-Kampanye Lupus Awareness Month-sebagai bentuk kepedulian dan dukungan kepada para Penyandang Lupus untuk tetap semangat menjalani kehidupan.

Selamat Hari Lupus Se-Dunia untuk istriku dan semua Odapus pejuang. Salam hangat.

Ucapan selamat pun dilontarkan pegiat fitnes Ade Rai. "Happy World Lupus Day 10 Mei 2022 - Keep Flying ????. Semoga sehat selalu," ucap Ade Rai - penggiat fitnes. n Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image