Ngamuk Sarangnya Dilempari Batu, Tawon Vespa Salah Sasaran Sengat Balita Tak Bersalah

Jogregan  
Pemusnahan sarang tawon oleh Damkar Kuningan. (Dok UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan)
Pemusnahan sarang tawon oleh Damkar Kuningan. (Dok UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan)

KUNINGAN – Ade Patih (5 tahun), bocah asal Desa Caracas, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, harus merasakan sakitnya sengatan tawon vespa. Balita itu menjadi korban salah sasaran amukan tawon vespa, yang marah setelah sarangnya dilempari batu.

Peristiwa itu bermula saat Ade Patih sedang bermain di halaman rumah, Senin (9/5/2022). Di lokasi tersebut, terdapat sarang tawon vespa di atas pohon mangga.

Saat sedang asyik bermain, ada sejumlah anak sekolah yang melintas dan melempar sarang tersebut dengan batu. Lemparan batu itu membuat tawon berhamburan keluar dan menyerang Ade Patih yang sedang bermain dan tidak terlibat dalam penyerangan sarang tawon tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

''Terdapat delapan sengatan tawon vespa di tubuh Ade Patih, di bagian kepala, lengan dan pundak,'' kata Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan, Mh Khadafi Mufti, Selasa (10/5/2022).

Korban pun menangis kesakitan. Meski demikian, bocah tersebut hanya menjalani perawatan di rumah oleh orang tuanya.

Orang tua korban, Ahmad Rodib Sakho, kemudian melaporkan peristiwa tersebut ke Ketua RT setempat, Yon Sudiono. Laporan itu kemudian diteruskan ke Kantor UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan.

Mendapat laporan itu, petugas Damkar langsung meluncur ke lokasi kejadian. Dalam waktu sepuluh menit, sarang tawon berhasil dibersihkan dan dimusnahkan.

''Apabila sarang itu terus dibiarkan, maka tawon vespa bisa membahayakan warga sekitar. Kami pun mengimbau kepada para orang tua, agar mengawasi anaknya ketika bermain supaya terhindar dari serangan hewan, termasuk tawon vespa,'' tandas Khadafi.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image