Baca Buku Santai di Hari Minggu, Mampir Yuk di Pojok Baca Tjimanoek

Wisata  
Sejumlah pengunjung sedang membaca buku di Pojok Baca Tjimanoek, Ahad (15/5/2022). (Lilis Sri Handayani)
Sejumlah pengunjung sedang membaca buku di Pojok Baca Tjimanoek, Ahad (15/5/2022). (Lilis Sri Handayani)

INDRAMAYU -- Taman Tjimanoek telah menjadi kebanggaan masyarakat di Kabupaten Indramayu. Terletak di bantaran sungai Cimanuk, keberadaan taman tersebut menjadi ajang rekreasi yang murah meriah bagi masyarakat.

Tak hanya menghadirkan pepohonan rindang, jogging track, permainan anak dan arena bersantai di tepi sungai, di Taman Tjimanoek juga terdapat Pojok Baca. Ruangan seluas kurang lebih 2,5 X 4 meter itu tepatnya terletak di belakang pos polisi Taman Tjimanoek.

Dengan adanya pojok baca tersebut, maka masyarakat yang berekreasi ke Taman Tjimanoek bisa juga mampir untuk membaca buku-buku bacaan yang disediakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Indramayu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ada ratusan judul buku yang disediakan di Pojok Baca Tjimanoek, terutama buku anak-anak maupun buku pengetahuan. Tersedia pula sejumlah kursi nyaman maupun hamparan karpet bagi pengunjung yang datang untuk membaca.

Dua orang pustakawan, Eni Faridah dan Muaniah pun siap membantu pengunjung menemukan buku yang mereka inginkan. Keduanya pun kerap mengajak pengunjung yang melintas di depan pojok baca untuk mampir guna membaca buku.

''Pojok Baca Tjimanoek ini hanya hadir setiap hari Minggu. Kalau hari-hari lainnya, masyarakat bisa langsung datang ke kantor (Perpustakaan Indramayu),'' terang Eni.

Seorang anak sedang membaca buku di Pojok Baca Tjimanoek, Ahad (15/5/2022). (Lilis Sri Handayani)
Seorang anak sedang membaca buku di Pojok Baca Tjimanoek, Ahad (15/5/2022). (Lilis Sri Handayani)

Eni menyebutkan, rata-rata jumlah pengunjung Pojok Baca Tjimanoek mencapai kisaran 30 orang per pekan. Sebagian besar dari mereka merupakan anak-anak sekolah.

Keberadaan pojok baca di tengah keramaian itu dimaksudkan untuk meningkatkan minat membaca masyarakat. Diharapkan, masyarakat terutama anak-anak tetap dekat dan akrab dengan buku di tengah maraknya penggunaan gadget.

Salah seorang pengunjung, Aira (10), mengaku senang membaca di pojok baca. Dia pun meminta kepada orang tuanya untuk mampir ke pojok baca tersebut saat mereka jalan-jalan ke Taman Tjimanoek.

''Senang, bisa baca buku-buku. Ini saya sedang membaca buku tentang kisah Siti Khadijah, istri Rasulullah SAW,'' tandas pelajar kelas empat Madrasah Ibtidaiyah PUI Dermayu tersebut. (Lilis Sri Handayani)

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image