Mantap...Kapolsek Gebang Cirebon ini 'Nyambi' Jadi Peternak Sapi Sukses

Jogregan  
Peternak memberi pakan sapi. (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)
Peternak memberi pakan sapi. (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)

CIREBON -- Tak ada istilah kata malu. Dan itu menjadi prinsipnya untuk menjadi suksi dan menjalankan usaha. Berkat kegigihannya ini juga, anggota Polresta Cirebon, Jawa Barat, yang sekaligus Kapolsek Gebang AKP Tukijan itu sukses menjadi peternak sapi.

Setidaknya, itu tercermin dari omzet usaha yang digelutinya mencapai ratusan juta rupiah, terutama pada saat Idul Adha dan Idul Fitri.

Ya, latar belakang keluarganya yang memang petani, turut mendorong kesukses Tukijan. Tak hanya karirnya di kepolisian, tapi usaha yang digelutinya itu pun berbuah manis.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Saya merintis dari nol, karena keluarga memang seorang petani," kata Tukijan seperti dikutip matapantura.republika.co.id dari Antara Kamis (19/5/2022).

Diakui Tukijan seperti dikutip dari Antara, beternak sapi merupakan hobinya sejak masih muda, bahkan sebelum menjadi anggota Polri, karena memang itu dari keluarga.

Ia mengaku, butuh waktu cukup lama untuk mencapai kesuksesan seperti saat ini, karena ia merintis mulai dari satu ekor, dua ekor terlebih dahulu.

Dan bahkan, sapi pertama yang dibeli merupakan hasil dari gaji sebagai anggota Polri yang dikumpulkan terlebih dahulu untuk membeli satu ekor sapi.

"Sudah dari tahun 1995 saya mulai berternak, mulai dari satu ekor, dua ekor dan sampai saat ini yang ada di kandang 60 ekor, dan di luar ada beberapa ekor," tuturnya.

Tukijan mengatakan, meski bertugas sebagai anggota Polri, namun dia sempatkan untuk berusaha sampingan yang kini sudah bisa menjual sapi di kisaran 60 ekor terutama ketika masuk Idul Fitri dan Idul Adha.

Menurutnya, untuk per ekor sapi, dijual mulai dari Rp 20 juta sampai Rp 60 juta. Kini, dia pun memberdayakan warga sekitar untuk ikut menernak sapi.

"Kita juga berdayakan warga sekitar, untuk bisa memelihara sapi, dengan sistem bagi hasil. Kalau untuk omzet yang cukuplah," tuturnya sambil tersenyum. n

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image