Ayam Ditemukan Mati, Ternyata Ada Ular Piton Melingkar di Kandang

Jogregan  
Petugas Damkar Kabupaten Kuningan berhasil mengevakuasi ular piton atau ular sanca dari kandang ayam milik warga. (Dok Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan)
Petugas Damkar Kabupaten Kuningan berhasil mengevakuasi ular piton atau ular sanca dari kandang ayam milik warga. (Dok Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan)

KUNINGAN – Seekor ular sanca atau yang juga dikenal dengan sebutan ular piton, jadi penyebab matinya ayam milik warga di Dusun Kliwon, RT 25 RW 03, Kelurahan/Kabupaten Kuningan.

Hal itu diketahui saat pemilik ayam, Sari, bermaksud memberi pakan pada ayam ternaknya pada Jumat (2/5/2022). Namun, dia terkejut saat melihat beberapa ekor ayamnya sudah mati.

Keterkejutan Sari semakin bertambah karena di dalam kandang ayamnya itu terlihat ada seekor ular piton yang sedang melingkar. Dia pun langsung meminta bantuan kepada ketua RT setempat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Laporan mengenai keberadaan ular piton itu kemudian diteruskan ke petugas pemadam kebakaran Kabupaten Kuningan. Hanya dalam waktu sepuluh menit, petugas pemadam kebakaran dengan cekatan berhasil mengevakuasi ular tersebut dari dalam kandang ayam.

‘’Alhamdulillah ular berhasil dievakuasi. Jika dibiarkan/tidak dievakuasi, maka dapat membahayakan keluarga pemilik rumah dan warga yang berada di sekitar rumah tersebut,’’ kata Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan, Mh Khadafi Mufti, Ahad (22/5/2022).

Setelah berhasil ditangkap, ular piton itu diketahui memiliki panjang sekitar tiga meter. Ular piton atau ular sancan merupakan jenis ular pembelit yang diklasifikasikan sebagai familia Pythonidae.

Ular tersebut tersebar luas di daerah beriklim panas dan tropis Afrika, Asia, dan Australia. Salah satu spesies sanca, yaitu sanca kembang (Malayopython reticulatus) merupakan ular terpanjang di dunia.

Khadafi pun mengimbau agar masyarakat jangan membiarkan tumpukan bahan bangunan, sampah, atau membiarkan halaman rumah kotor dan lembab. Pasalnya, hal itu akan mengundang ular untuk datang. (Lilis Sri Handayani)

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image