Ibu Muda Melahirkan di Pinggir Jalan Saat Hendak ke Puskesmas

Jogregan  
Tangkapan layar suasana ibu muda melahirkan di pinggir jalan. (Istimewa)
Tangkapan layar suasana ibu muda melahirkan di pinggir jalan. (Istimewa)

INDRAMAYU -- Seorang ibu muda di Kecamatan Kedokanbunder, Kabupaten Indramayu, melahirkan bayinya di pinggir jalan, Rabu (15/6/2022) pukul 08.00 WIB. Ibu muda bernama Ayu Sari (23) itu tak kuasa menahan rasa mulas saat dalam perjalanan menuju Puskesmas Kedokanbunder.

Peristiwa itupun viral di media sosial. Dalam rekaman warga, Ayu Sari melahirkan bayinya di atas kendaraan roda tiga di tepi jalan raya Kedokanbunder.

Perempuan asal Blok Cemeti, Desa Kedokanbunder Wetan, Kecamatan Kedokanbunder itu sebenarnya hendak melahirkan di puskesmas. Namun saat dalam perjalanan, dia merasakan mulas yang tak tertahankan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kendaraan roda tiga yang membawanya pun terpaksa berhenti di pinggir jalan. Sejumlah warga yang mengetahui peristiwa itu langsung mengerumuni dan memberikan pertolongan.

Ayu Sari akhirnya berhasil melahirkan bayi laki-laki dengan selamat. Dia dan bayinya langsung dibawa ke Puskesmas Kedokanbunder.

Sesampainya di puskesmas, bidan setempat langsung melakukan pemeriksaan dan perawatan terhadap bayi dan ibunya.

‘’Alhamdulillah sehat semua,’’ ujar bidan Puskesmas Kedokanbunder, Dewi Ningsih.

Bidan berbincang dengan Ayu Sari yang sedang memangku bayi yang baru dilahirkannya. (Istimewa)
Bidan berbincang dengan Ayu Sari yang sedang memangku bayi yang baru dilahirkannya. (Istimewa)

Dewi menyebutkan, bayi laki-laki itu memiliki berat badan 3,2 kilogram, panjang 48 centimeter dan lingkar kepala 32 centimeter. Bayi itupun langsung diberikan suntikan imunisasi.

Sementara itu, Ayu Sari mengaku tidak menyangka akan melahirkan di pinggir jalan. Dia sebelumnya merasakan mulas lima kali secara teratur sehingga keluarganya langsung membawanya ke Puskesmas Kedokanbunder.

‘’Dari rumah sudah terasa mulas, makanya mau ke puskesmas. Tapi di jalan (akhirnya) lahiran,’’ tutur Ayu Sari.

Ayu Sari mengaku lega anak keduanya itu lahir dengan selamat. Dia belum terpikir mengenai nama bayinya tersebut dan masih fokus pada pemulihan pascamelahirkan. (Lilis Sri Handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image