Kafilah Kota Cirebon Siap Bermusabaqah Pada MTQ ke-37 Jabar

Tajug  
Kafilah Kota Cirebon siap mengikuti MTQ ke-37 tingkat Jawa Barat (Jabar) di Kabupaten Sumedang. (Dok Diskominfo Kota Cirebon) 
Kafilah Kota Cirebon siap mengikuti MTQ ke-37 tingkat Jawa Barat (Jabar) di Kabupaten Sumedang. (Dok Diskominfo Kota Cirebon)

CIREBON – Kafilah Kota Cirebon siap bermusabaqah pada MTQ ke-37 tingkat Jawa Barat (Jabar) di Kabupaten Sumedang. Mereka diharapkan bisa meraih prestasi yang lebih baik dibandingkan MTQ sebelumnya.

Pelepasan kafilah yang akan bermusabaqah di MTQ ke-37 tingkat Jabar itu dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Agus Mulyadi, di lobby gedung Setda Kota Cirebon, Sabtu (18/6/2022).

‘’Untuk anggota kafilah yang mengikuti MTQ mohon untuk senantiasa menjaga kesehatan dan stamina,’’ pesan Agus.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Begitu pula kepada pembina dan pendamping, Agus berharap agar mereka juga bisa memberikan semangat dan motivasi untuk qori dan qoriah yang bermusabaqah dalam MTQ ke-37 tingkat Jabar.

Dengan begitu, lanjut Sekda, kafilah MTQ bisa memberikan yang terbaik untuk Pemda maupun masyarakat Kota Cirebon.

Pada kesempatan itu, Agus menegaskan bahwa kafilah MTQ tidak akan berjuang sendirian. Pemda Kota Cirebon akan hadir di setiap pelaksanaan MTQ .

‘’Kami sudah meminta kepada kepala perangkat daerah dan jajaran direksi BUMD untuk hadir pada pawai ta’aruf dan pembukaan yang dilaksanakan esok,’’ tukas Agus.

Selain itu, masing-masing kepala perangkat daerah dan jajaran direksi BUMD sudah mendapatkan jadwal untuk menengok qori dan qoriah di setiap cabang yang diikuti oleh Kota Cirebon.

‘’Seperti Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) yang akan hadir pada laga Musabaqaah Hifdzil Qur’an (MHQ) dan lainnya,’’ terang Agus.

Dengan kehadiran perangkat daerah dan jajarannya diharapkan bisa menambah motivasi dan menjadi penyemangat untuk qori dan qoriah Kota Cirebon. Sehingga hasil terbaik bisa diraih.

‘’Untuk capaian prestasi kita harap meningkat,’’ ucap Agus.

Pada MTQ ke-36 lalu, Kota Cirebon berhasil meraih peringkat ke-14. Sedangkan pada MTQ tahun ini, Kota Cirebon diharapkan masuk 10 besar juara.

Agus menambahkan, jika diumpamakan MTQ sebagai sebuah liga, maka Kota Cirebon masih berada di papan tengah.

‘’Tapi kita juga pernah berada di papan bawah,’’ kata Agus. Kota Cirebon bahkan pernah menduduki peringkat 23 dari 27 provinsi di Jabar.

Namun pembinaan yang dilakukan dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga tingkat kota melalui lembaga pengembangan tilawatil quran, prestasi kafilah Kota Cirebon bisa terus meningkat. Prestasi ini diharapkan bisa dipertahankan bahkan semakin ditingkatkan.

Sementara itu, Asisten Daerah (Asda) Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Sutisna, menjelaskan, MTQ ke-37 tingkat Jabar dimulai besok, Ahad (19/6/2022) hingga Sabtu (25/6/2022).

‘’Kota Cirebon mengikuti enam cabang,’’ tutur Sutisna.

Adapun jumlah peserta dari Kota Cirebon terdiri dari 38 orang, pembina sebanyak enam orang dan panitia sebanyak 15 orang. (Lilis Sri Handayani)

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image