Kasihan, Kucing Malang Ini Jatuh ke Sumur Sedalam 15 Meter

Jogregan  
Petugas Damkar berhasil mengeluarkan kucing dari dalam sumur. (Dok UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan)
Petugas Damkar berhasil mengeluarkan kucing dari dalam sumur. (Dok UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan)

KUNINGAN – Seekor kucing ditemukan terjatuh ke dalam sumur sedalam 15 meter di RT 03 RW 02 Dusun Pahing, Desa Sindangagung, Kecamatan Sindangagung, Kabupaten Kuningan, Jumat (1/7/2022) sore. Petugas Pemadam Kebakaran setempat dengan penuh kesabaran berhasil menyelamatkan kucing malang tersebut.

Penemuan kucing malang itu pertama kali diketahui oleh anak-anak yang sedang bermain. Mereka mendengar suara kucing yang terus menerus mengeong.

Merasa penasaran, anak-anak itu kemudian mencari sumber suara tersebut. Ternyata, sumber suara kucing itu berasal dari dalam sumur yang ada di halaman belakang rumah warga setempat bernama Rohman.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Anak-anak kemudian melaporkan hal tersebut ke salah satu orang tua mereka, Aenah (31). Setelah melihat dan meyakinkan keberadaan kucing tersebut, Aenah langsung menelpon Kantor UPT Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kuningan.

Mendapat laporan tersebut, empat orang petugas pemadam kebakaran bergegas datang ke lokasi kejadian. Untuk menyelamatkan kucing tersebut, petugas memasukkan tangga berbentuk kotak ke dalam sumur yang memiliki kedalaman 15 meter dan diameter satu meter itu.

Upaya penyelamatan kucing membutuhkan kesabaran. Pasalnya, kucing malang itu tidak langsung memahami upaya penyelamatan yang dilakukan petugas. Untuk memancing agar kucing mau menaiki tangga, petugas membantunya dengan sebuah timba.

Setelah kurang lebih 20 menit, upaya penyelamatan kucing berwarna oranye itu berhasil dilakukan. Kucing yang sudah basah kuyup akibat terendam di dalam air sumur tersebut akhirnya bisa terangkat dalam keadaan hidup.

Sumur tempat jatuhnya kucing.
Sumur tempat jatuhnya kucing.

‘’Alhamdulillah kucing itu berhasil dikeluarkan. Jika tidak, maka kucing tersebut akan mati dan bisa menimbulkan bau yang kurang sedap serta mengganggu kebersihan air yang ada di sumur tersebut,’’ kata Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabuaten Kuningan, Mh Khadafi Mufti.

Khadafi pun mengimbau setiap orang yang memiliki sumur agar menutup rapat lubang sumurnya. Hal itu untuk menghindari binatang atau benda lain masuk ke dalam sumur.

‘’Selain itu, setiap sumur yang masih menggunakan timba, maka bibir atasnya diusahakan agak tinggi dan ditutup setelah selesai digunakan. Itu untuk menghindari bahaya,’’ tandas Khadafi. (Lilis Sri Handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image