Wah....Terowongan Mina Sempat Alami Mati Lampu, Namun Jamaah Tetap Tenang

Tajug  
Petugas haji menyusuri terowongan Mina di Makkah. Pada Ahad (10/7/2022) listrik di terowongan ini mengalami padam. (Republika/Muhammad Hafil )
Petugas haji menyusuri terowongan Mina di Makkah. Pada Ahad (10/7/2022) listrik di terowongan ini mengalami padam. (Republika/Muhammad Hafil )

MAKKAH -- Terowongan Mina tepatnya di terowongan atas menuju jalur atas Jamarat tiga atau lantai tiga, sempat mengalami mati lampu pada Ahad (10/7/2022) sekitar pukul 05.15 Waktu Arab Saudi (WAS) hingga 06.10 WAS.

Polisi Arab Saudi yang tepat berada di depan pos tersebut akhirnya menghentikan laju rombangan jamaah. Mereka meminta agar jamaah menunggu untuk beberapa saat hingga perbaikan selesai.

Wakasatops Masyair 3, Harun Al Rasyid di Mina mengatakan, petugas kepolisian dan pihaknya memberikan arahan serta memberi edukasi agar jamaah tidak panik dan tenang karena hanya beberapa saat saja.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Mereka diminta menunggu perbaikan," kata Wakasatops Masyair 3, Harun Al Rasyid di Mina.

Dikatakan Harun, kemungkinan listrik padam akibat korsleting arus pendek. Ini karena, menurut dia, tanda-tanda tersebut sebetulnya sudah terjadi atau tampak tadi malam, dimana lampu depan terowongan kadang mati kadang hidup.

"Tadi pagi, begitu jamaah selesai Subuh mau ke Jamarat melewati terowongan tersebut terjadi mati lampu, tapi alhamdulillah tidak lama segera bisa diatasi oleh pihak Arab Saudi dan sekarang sudah normal kembali," katanya.

Jamaah menunggu dihentikan dan petugas memberikan edukasi juga informasi seputar Jamarat yang akan mereka lalui di lantai tiga.

Dia mengatakan, tidak ada korban dan pemadaman cepat diatasi. "Kami lihat mereka segera melakukan dengan baik dan atas kejadian ini, mereka sudah menyiapkan tenaga ahlinya bagian listrik untuk mengantisipasi kejadian tersebut," tambah Harun.

Dia mengimbau jamaah agar tidak panik jika terjadi lagi mati listrik karena dalam keadaan panik justru situasi tidak kondusif, ditambah padatnya jamaah maka jamaah haji diimbau tetap tenang. n

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image