Istri Bupati Kuningan Buat Buku, Ajak Anak-Anak Makan Sayur

Tips  
Bupati Kuningan, Acep Purnama meluncurkan buku 'Windu Suka Makan Sayur'. (Dok Diskominfo Kabupaten Kuningan)
Bupati Kuningan, Acep Purnama meluncurkan buku 'Windu Suka Makan Sayur'. (Dok Diskominfo Kabupaten Kuningan)

KUNINGAN – Tak sedikit di antara orang tua yang mengeluhkan sulitnya anak-anak mereka mengkonsumsi sayur. Padahal, sayur sangat dibutuhkan dalam proses tumbuh kembang si kecil.

Untuk itu, dibutuhkan upaya edukasi kepada anak-anak agar mereka memahami pentingnya mengkonsumsi sayur.

Hal itu seperti yang dilakukan oleh Bunda PAUD Kabupaten Kuningan, Ika Siti Rahmatika. Istri dari Bupati Kuningan, Acep Purnama itu berinisiatif membuat buku bacaan agar anak-anak memahami pentingnya sayur hingga akhirnya mereka suka mengkonsumsi makanan tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Buku edukasi anak berjudul ‘Windu Suka Makan Sayuritu diluncurkan oleh Bupati Kuningan, Acep Purnama, bertepatan denganperingatan Hari Anak Nasional 2022, di Aula Pendopo Setda Kabupaten Kuningan, Sabtu (23/7/2022).

Acep pun sangat mengapresiasi kehadiran buku tersebut. Dia sebelumnya tidak mengetahui bahwa istrinya membuat buku tersebut.

‘’Saya baru tahu hari ini,’’ tukas Acep.

Acep pun berharap buku tersebut bisa menjadi buku seri. Dimana cerita buku itu bisa bertambah dari karakter Windu, seperti misalnya tentang mengenal flora dan fauna.

Dalam kesempatan itu, Acep mengajak masyarakat untuk membudayakan membaca mulai dari lingkungan terkecil. Yakni, rumah, sekolah, perkantoran dan di berbagai tempat lainnya. Dia menambahkan, membaca pun tak hanya dari buku, namun juga bisa melalui e-book dan perpustakaan digital.

‘’Minat membaca dari anak sekolah perlu ditingkatkan. Karena dengan membaca, setiap anak bisa menggali ilmu dan meningkatkan kemampuan literasinya,’’ kata Acep.

Acep pun berpesan kepada seluruh anak –anak di Kabupaten Kuningan agar menjadi generasi yang beradab dan menjunjung tinggi tata krama. Selain itu, mereka pun diharapkan rajin beribadah, hormat dan menyayangi orang tua serta sesama teman.

‘’Tuntutlah ilmu setinggi mungkin, berperilaku sehat, dan cintailah Tanah Air kita, Indonesia,’’ tegas Acep.

Sementara itu, Bunda PAUD Kabupaten Kuningan, Ika Siti Rahmatika, menerangkan, rendahnya konsumsi buah dan sayur merupakan masalah perilaku makan anak yang paling sering ditemukan.

Untuk itu, dibutuhkan dukungan dan motivasi orang tua dan guru yang sangat kuat agar peningkatan asupan buah dan sayur anak dapat bertahan hingga dewasa.

‘’Edukasi gizi menggunakan media buku cerita bergambar merupakan salah satu bentuk Entertainment Education (EE), yang dapat digunakan sebagai salah satu cara peningkatan asupan buah dan sayur anak sekaligus memungkinkan interaksi langsung anak dan orang tua,’’ tandas Ika. (Lilis Sri Handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image