Ratusan Ternak di Cirebon Terima Dosis Kedua Vaksin PMK

Jogregan  
Ternak sapi. (Lilis Sri Handayani)
Ternak sapi. (Lilis Sri Handayani)

CIREBON – Ratusan hewan ternak ruminansia di Kabupaten Cirebon menerima vaksinasi dosis kedua untuk mencegah penyakit mulut dan kuku (PMK). Ratusan ekor hewan ternak pun hingga kini masih terjangkit PMK.

Sub Koordinator Penanggulangan Penyakit dan Pengawas Obat Hewan (P3OH) Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, Tuti Susilawati, menyebutkan, penyuntikkan vaksin dosis kedua PMK pada hewan ternak ruminansia di Kabupaten Cirebon sudah dimulai sejak Selasa (2/8) kemarin.

‘’Vaksin dosis kedua sudah dimulai,’’ ujar Tuti, Kamis (4/8/2022).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Vaksinasi dosis kedua PMK itu menyasar 375 hewan ternak ruminansia di Kabupaten Cirebon, baik sapi maupun kerbau. Hewan ternak yang disuntik tersebut sebelumnya telah mendapatkan vaksin PMK dosis pertama.

Tuti menerangkan, vaksin PMK dosis pertama sebetulnya sasarannya sebanyak 400 ekor hewan ternak. Namun vaksin hanya bisa diberikan kepada 375 ekor hewan ternak.

Lebih lanjut Tuti mengatakan, selain pemberian vaksin PMK dosis kedua, Kabupaten Cirebon juga mendapatkan alokasi tambahan vaksin PMK untuk 1.000 ekor ternak ruminansia lainnya. Adapun sasaraannya adalah ternak pembibitan atau budidaya.

‘’Dari 1000 dosis vaksin tambahan itu, sebanyak 400 ekor untuk sapi dan 600 ekor untuk domba,’’ terang Tuti.

Menurut Tuti, hewan ternak yang akan diberikan vaksin adalah yang belum pernah terjangkit PMK. Sedangkan hewan ternak yang pernah terjangkit PMK, masih memiliki antibodi atau kekebalan tubuh dan masih bertahan hingga enam bulan kedepan.

Sementara itu, mengenai perkembangan kasus PMK di Kabupaten Cirebon, tercatat ada 1.686 ekor hewan ternak ruminansia yang terjangkit PMK. Dari jumlah itu, sebanyak 1.278 ekor sudah sembuh, 20 ekor mati, 188 ekor potong paksa dan yang masih sakit ada 200 ekor. (Lilis Sri Handayani)

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image