MTs Husnul Khotimah 2 Kuningan Raih Penghargaan Adiwiyata

Jogregan  
Kepala MTs Husnul Khotimah 2 Kuningan, Danni Abdurrahman (kiri) menerima penghargaan dari Bupati Kuningan, Acep Purnama. (Istimewa)
Kepala MTs Husnul Khotimah 2 Kuningan, Danni Abdurrahman (kiri) menerima penghargaan dari Bupati Kuningan, Acep Purnama. (Istimewa)

KUNINGAN -- MTs Husnul Khotimah 2 Kuningan terus menorehkan prestasi. Kali ini, sekolah tersebut meraih Piagam Penghargaan Sekolah Adiwiyata Kabupaten Kuningan tahun 2022.

Penyerahan penghargaan Sekolah Adiwiyata dilakukan secara langsung oleh Bupati Kuningan, Acep Purnama. Hal itu dilakukan dalam acara Riung Mungpulung dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan RI dan Hari Jadi Kabupaten Kuningan ke-524, di Halaman Setda Kabupaten Kuningan, beberapa hari yang lalu.

Sebelumnya, MTs Husnul Khotimah 2 Kuningan juga menorehkan prestasi yang membanggakan lainnya. Yakni, meraih juara satu dalam Lomba Sekolah Sehat Tingkat Kabupaten Kuningan tahun 2022, yang telah selesai diselenggarakan dari 20 Juli sampai 12 Agustus 2022 lalu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kedua penghargaan sekaligus itu diterima oleh Kepala MTs Husnul Khotimah 2 Kuningan, Danni Abdurrahman.

‘’Alhamdulillah, kami bersyukur dan bangga dengan pencapaian dua penghargaan sekaligus di tahun ini, yang pertama Sekolah Adiwiyata dan juara satu lomba sekolah sehat tingkat SMP/MTs se-Kabupaten Kuningan,’’ kata Danni, Kamis (18/8/2022).

Dengan penghargaan itu, dapat menjadi bukti bahwa pondok pesantren juga dapat menjadi green school yang selaras dengan program Kementerian Lingkungan Hidup. Hal itu terutama dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

‘’Tentu pencapaian ini merupakan kerja sama yang baik dari semua pihak. Kami haturkan terima kasih kepada Yayasan, camat Pancalang beserta jajarannya, kepala Puskesmas Pancalang beserta timnya, terutama tim yang telah turun langsung membina adn mengarahkan tim UKS kami,’’ tutur Danni.

Dibalik kesuksesan meraih 2 penghargaan tersebut, Danni mengungkapkan kunci keberhasilannya.

‘’Ketika kami mendapat kepercayaan dari Kecamatan Pancalang untuk mengikuti sekolah sehat, yang kiami lakukan adalah brainstorming terlebih dahulu,’’ cetus Danni.

Danni pun membagikan dua tips yang dilakukan sekolah yang dipimpinnya. Pertama, dia dan tim mencari contoh sekolah yang sudah menjuarai sekolah sehat di tingkat nasional.

‘’Apa yang kurang dari kami? Itulah yang kemudian kami sempurnakan dengan merujuk dari sekolah tersebut,’’ tukas Danni.

Kedua, lanjut Danni, pembentukan tim lomba sekolah sehat dan membangun kerja sama yang baik dengan pihak Puskesmas selaku pembina kegiatan UKS atau (Usaha Kesehatan Sekolah).

‘’Harapan kedepan, lomba seperti ini dapat menjadi triger untuk kami terus menjaga dan meningkatkan perilaku hidup sehat dan bersih atau PHBS dan menjadikan MTs Husnul Khotimah 2 sebagai sekolah yang ramah lingkungan, berbudaya lingkungan serta dapat mempertahankan sekolah sehat tersebut,’’ tandas Danni. (Lilis Sri Handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image