Semarak Karnaval Budaya Kuningan

Galeri  
Bupati Kuningan, Acep Purnama dan istri. (Diskominfo Kabupaten Kuningan)
Bupati Kuningan, Acep Purnama dan istri. (Diskominfo Kabupaten Kuningan)

KUNINGAN – Ribuan warga menyaksikan kemeriahan Karnaval Budaya Hari Jadi ke-524 Kuningan, Ahad (4/9/2022). Mereka tumpah ruah memadati pusat kota untuk menyaksikan perhelatan yang diawali di halaman Pendopo Kuningan dan berakhir di Jalan Veteran itu.

Peserta karnaval. (Diskominfo Kabupaten Kuningan)
Peserta karnaval. (Diskominfo Kabupaten Kuningan)

Karnaval itu menampilkan berbagai atraksi seni budaya, diikuti 80 rombongan peserta berbusana daerah, serta kostum karnaval unik lainnya. Mereka terdiri dari Forkopimda, SKPD, eks kawedanan, universitas, sekolah, LSM dan berbagai organisasi yang ada di Kabupaten Kuningan.

Peserta karnaval. (Diskominfo Kabupaten Kuningan)
Peserta karnaval. (Diskominfo Kabupaten Kuningan)

Hadir juga sebagai bintang tamu, Jember Fashion, yang ikut memeriahkan Karnaval Budaya, yang bertajuk “Merawat Budaya Menuju Kuningan Maju” tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kegiatan karnaval dibuka langsung Bupati Kuningan, Acep Purnama, yang nampak mengenakan pakaian adat seperti raja. Dia dan istrinya menjadi rombongan terdepan dalam deretan peserta menuju panggung utama di Taman Kota Kuningan.

Hadir pula Wakil Bupati, M Ridho Suganda beserta istri, yang juga memakai pakaian adat.

Wakil Bupati Kuningan, M Ridho Suganda beserta istri. (Diskominfo Kabupaten Kuningan)
Wakil Bupati Kuningan, M Ridho Suganda beserta istri. (Diskominfo Kabupaten Kuningan)

Selain bupati dan wakil bupati, para pejabat di lingkungan Pemkab Kuningan juga mengenakan pakaian adat kebesaran khas Pasundan. Hal itu menghadirkan suasana seperti di zaman dahulu.

(Diskominfo Kabupaten Kuningan)
(Diskominfo Kabupaten Kuningan)

Bupati Acep mengatakan, karnaval itu menampilkan keanekaragaman seni dan budaya tanah air. Sebab seni dan budaya merupakan salah satu instrumen untuk mengharmoniskan seluruh sendi-sendi kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

‘’Bagi bangsa kita, seni dan budaya merupakan salah satu pilar dalam membangun kepribadian bangsa yang berbhineka tunggal ika. Sekaligus memperkuat kearifan lokal sebagai falsafah nilai dalam hidup berbangsa dan bernegara,’’ tandas Acep.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image