Layanan Perpustakaan Keliling di Indramayu Sudah Sasar 15 Titik

Jogregan  
Perpustakaan keliling di Kabupaten Indramayu. (Diskominfo Indramayu)
Perpustakaan keliling di Kabupaten Indramayu. (Diskominfo Indramayu)

INDRAMAYU -- Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kabupaten Indramayu melalui program unggulannya, yakni Layanan Perpustakaan Keliling ke Sekolah Terjauh dan Tertinggal, telah menyasar 15 titik di Kabupaten Indramayu.

Kepala DPA Kabupaten Indramayu, Iwan Hermawan melalui Kepala Bidang Pengelola Perpustakaan dan Pelestarian Bahan Pustaka, Suhartati menjelaskan, layanan perpustakaan keliling ke sekolah terjauh dan tertinggal itu meliputi sekolah di Kecamatan Gabus Wetan, Karangampel, Losarang, Sukagumiwang, Kandanghaur, Pasekan, Kroya, Arahan, Balongan, Juntinyuat, Lelea, dan lainnya.

Menurutnya, tujuan adanya layanan perpustakaan keliling adalah untuk memeratakan layanan informasi dan bacaan kepada masyarakat sampai daerah terpencil, dan belum atau tidak mungkin didirikan perpustakaan menetap.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Di samping itu, membantu perpustakaan umum dalam mengembangkan pendidikan informal kepada masyarakat dan memperkenalkan buku-buku dan bahan pustaka lainnya kepada masyarakat.

Ditambah lagi, memperkenalkan jasa perpustakaan kepada masyarakat sehingga tumbuh budaya untuk memanfaatkan jasa perpustakaan. termasuk meningkatkan minat baca dengan mengembangkan cinta buku pada masyarakat.

‘’Alhamdulillah layanan perpustakaan keliling sudah menyasar 15 titik sekolah terjauh maupun tertinggal, karena memang layanan ini bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada para siswa yang belum tersentuh oleh akses informasi bahan bacaan,’’ kata Suhartati, Rabu (14/9/2022).

Suhartati menambahkan, mekanisme layanan perpustakaan keliling itu dilakukan penjadwalan oleh DPA Kabupaten Indramayu atas permintaan kepala desa, kepala sekolah atau dari komunitas literasi. Mereka pun wajib menyediakan tempat atau mengumpul pemustaka penerima layanan. (Lilis Sri Handayani)

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image