Sah! Bandara Kertajati Ditetapkan Sebagai Entry Point Perjalanan Luar Negeri

Bisnis  
BIJB Kertajati. (Lilis Sri Handayani)
BIJB Kertajati. (Lilis Sri Handayani)

MAJALENGKA -- Bandara Internasional Kertajati Jawa Barat kini resmi menjadi pintu masuk perjalanan luar negeri. Hal itu setelah Satgas Covid-19 menetapkannya dalam Surat Edaran (SE) Nomor 25 Tahun 2022, diperkuat dengan Instruksi Mendagri Nomor 42 Tahun 2022 serta Surat Edaran Menhub Nomor 88 Tahun 2022.

‘’Penerbangan umrah kali ini akan difasilitasi oleh maskapai Garuda dan Lion Air yang telah menyatakan kesiapannya melakukan penerbangan langsung dari Kertajati ke Jeddah,’’ ujar Vice President of Corporate Secretary PT BIJB, Dian Nurrahman, dalam siaran persnya, Kamis (22/9/2022).

Dian mengatakan, rencana penerbangan menggunakan Lion Air akan dilakukan empat flight per minggu. Sedangkan Garuda, akan melakukan penerbangan satu flight per minggu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

‘’Sehingga total terdapat lima flight dalam satu minggu,’’ terang Dian.

Dian menambahkan, untuk mengakselerasi persiapan penerbangan umroh, pihaknya telah menggelar Travel Gathering pada 4 Agustus 2022. Kegiatan itu dihadiri para agen travel umroh, maskapai, regulator dan operator bandara.

Dalam kegiatan Travel Gathering itu, semua pihak yang hadir sepakat untuk mendukung terlaksananya penerbangan umroh melalui Bandara Kertajati. Bahkan, travel umroh yang berkomitmen juga tidak hanya dari wilayah Ciayumajakuning.

Namun, travel umroh dari Bandung juga siap meramaikan penerbangan dari Bandara Kertajati.

Bersamaan dengan itu, maskapai penerbangan internasional dari Malaysia, yakni Malaysia Airlines (MH), juga telah menyatakan kesediaannya untuk melayani penerbangan internasional dengan rute Kuala Lumpur - Kertajati vice versa kepada operator Bandara Kertajati.

Dengan hadirnya tiga maskapai tersebut, dapat dipastikan Bandara Internasional Kertajati akan mulai ramai dengan aktivitas penerbangan internasional. Termasuk di dalamnya penerbangan umrah, yang telah ditunggu para jamaah di wilayah Jawa Barat.

‘’Kita selalu mengedepankan komunikasi dan koordinasi,’’ tukas Dian.

BIJB Kertajati. (Lilis Sri Handayani)
BIJB Kertajati. (Lilis Sri Handayani)

Dian menyatakan, komunikasi dan koordinasi itu dilakukan dengan Kementerian Perhubungan, PT Angkasa Pura II selaku operator bandara, Bea Cukai, Imigrasi, Karantina, Pertamina, tenant, operator multimoda, travel agen umrah dan seluruh stakeholder pendukung pelaksanaan umrah dan penerbangan internasional di Bandara Kertajati.

Bahkan, kordinasi juga dilaksanakan dengan Kantor Staf Presiden yang selalu mendukung adanya penerbangan di Kertajati. Hal itu diharapkan agar dalam pelaksanaan penerbangan umrah nantinya bisa berjalan dengan lancar.

‘’Kita pun akan segera berkoordinasi dengan pemerintah setempat dan wilayah sekitar Ciayumajakuning untuk dapat mendukung rencana tersebut,’’ cetus Dian.

Tidak hanya koordinasi, persiapan fasilitas penunjang lainnya juga dilakukan. Seperti penginapan atau hotel di dekat bandara, rumah sakit dan fasilitas lain yang mendukung kelancaran operasional penerbangan di Bandara Kertajati.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama pada tahun 1444H/2022, potensi jamaah umrah dari catchment area Bandara Kertajati terdapat 8.657 jamaah umrah yang belum berangkat.

Dengan adanya aktivitas penerbangan umrah dan penerbangan internasional, maka Bandara Internasional Kertajati akan kembali menjadi sentra dan magnet perekonomian daerah Jawa Barat. (Lilis Sri Handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image