Ayam Warga Hilang, Ular Sanca Jadi Biang Keroknya

Jogregan  
Ular sanca batk dievakuasi dari kandnag ayam warga. (Dok Damkar Kuningan)
Ular sanca batk dievakuasi dari kandnag ayam warga. (Dok Damkar Kuningan)

KUNINGAN – Petugas pemadam kebakaran Kabupaten Kuningan berhasil mengevakuasi ular sanca batik sepanjang hampir tiga meter. Ular itu diketahui telah memangsa ayam ternak milik warga di RT 04 RW 01, Dusun Kaliwon, Desa Cipetir, Kecamatan Lebakwangi, Kabupaten Kuningan.

Keberadaan ular jenis sanca batik itu dilaporkan oleh warga pemilik ayam bernama Rohanah (59), Ahad (25/9/2022). Saat itu, Rohanah hendak memberi makan ayamnya ternaknya. Dia merasa heran karena ayam miliknya hilang satu ekor.

Rohanah berusaha mencari ayamnya ke kandang. Ternyata, ada seekor ular sanca batik berukuran besar yang sedang melingkar, yang sudah memakan ayam tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Rohanah yang merasa ketakutan langsung memberi tahu suaminya. Kemudian, ular tersebut dibiarkan dan dikunci di dalam kandang supaya tidak kabur. Keberadaan ular tersebut lantas dilaporkan ke Kantor UPT Damkar Satpolpp Kabupaten Kuningan.

Mendapat laporan tersebut, tiga orang petugas pemadam kebakaran langsung meluncur ke lokasi. Hanya dalam waktu 15 menit, petugas berhasil mengevakuasi ular yang tergolong suku Pythonidae tersebut.

Ular sanca batik itu diketahui memiliki panjang hampir tiga meter. Meski tidak berbisa, namun ular tersebut memiliki gigitan dan lilitan yang mematikan.

‘’Alhamdulillah ular berhasil dievakuasi. Jika tidak, dikhawatirkan akan membahayakan warga sekitar serta memakan hewan ternak milik warga,’’ ujar Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabuaten Kuningan, Mh Khadafi Mufti, Senin (26/9/2022).

Ular sanca itu selanjutnya akan diserahkan ke pihak BKSDA atau komunitas pencinta reftil, untuk dilepasliarkan kembali ke habitat aslinya. (Lilis Sri Handayani)

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image