Jelang Magrib, Ular Hitam Menyelinap ke Kamar Warga di Kuningan

Jogregan  
Petugas Damkar mencari ular di rumah warga. (Dok Damkar Kuningan)
Petugas Damkar mencari ular di rumah warga. (Dok Damkar Kuningan)

KUNINGAN – Ketenangan Yeni (53) di dalam rumahnya di Perumahan Graha Mutiara Desa Sidaraja, Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan, jadi terganggu. Hal itu setelah seekor ular masuk ke dalam rumahnya, Ahad (16/10/2022).

Ular berwarna hitam yang belum diketahui jenisnya itu tiba-tiba masuk ke dalam kamar di rumah Yeni sekitar pukul 17.45 WIB. Hingga kini, ular sepanjang kurang lebih 1,5 meter tersebut belum berhasil ditemukan.

Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabuaten Kuningan, Mh Khadafi Mufti, menjelaskan, peristiwa itu bermula saat Yeni sedang mencuci piring pada pukul 17.45 WIB. Tiba-tiba, terlihat seekor ular berwarna hitam masuk ke dalam kamar rumahnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Yeni yang merasa ketakutan lalu meminta bantuan kepada tetangga rumahnya untuk mengusir ular tersebut. Karena takut membahayakan penghuni rumah, tetangganya kemudian melaporkan keberadaan ular tersebut ke Kantor UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan di nomor (0232) 871113.

Mendapat laporan tersebut, tiga anggota pemadam kebakaran langsung datang ke lokasi. Mereka kemudian berusaha melakukan pencarian terhadap ular tersebut. Namun sayang, ular tidak ditemukan karena kemungkinan sudah keluar dari sela lubang yang lain.

Petugas pemadam kebakaran pun mencoba memancing ular dengan memberikan cairan pewangi lantai dan obat serangga. Namun, ular tetap tidak ditemukan.

Upaya pencarian pun tetap tidak membuahkan hasil meski petugas sudah melakukan pencarian sekitar satu jam. Untuk itu, petugas memberikan edukasi dan arahan kepada pemilik rumah untuk menutup semua lubang yang berada di ruang dapur dan melaporkan kembali saat ular keluar.

‘’Ular masuk ke dalam lubang kecil sehingga menyulitkan anggota untuk melakukan penangkapan,’’ terang Khadafi, Ahad (16/10/2022).

Khadafi mengakui, jika ular tidak dievakuasi, maka dikhawatirkan akan membahayakan penghuni rumah dan warga lain di sekitarnya. Untuk itu, dia mengimbau agar penghuni rumah menutup rapat lubang pembuangan agar ular tidak keluar dari dalam lubang tersebut.

Selain itu, penghuni rumah juga diminta untuk tidak menumpuk barang-barang dan selalu menjaga kebersihan rumah agar tidak mengundang tikus. Pasalnya, keberadaan tikus akan mengundang ular masuk rumah.

‘’Jika ada warga yang melihat ular, langsung hubungi kantor Damkar terdekat dan (ular) jangan diganggu sampai anggota tiba di lokasi,’’ tandas Khadafi. (Lilis Sri Handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image