Tol Laut Patimban Angkut 800 Ton Beras Indramayu dan Cirebon Menuju Aceh

Bisnis  
Kontainer beras. (Humas Ditjen Hubla)
Kontainer beras. (Humas Ditjen Hubla)

SUBANG -- Sebanyak 40 kontainer beras seberat 800 ton dikirim melalui Tol Laut dari Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat. Beras tersebut dikirim menuju pelabuhan tujuan di Provinsi Aceh.

Pengiriman beras itu merupakan pelayaran kedua Tol Laut T-1 di Pelabuhan Patimban, yang dilayani oleh kapal Kendhaga Nusantara 14, dengan operator PT Citrabaru Adinusantara.

‘’Ini merupakan bentuk kerja sama dan sinergi Kementerian Perhubungan bersama dengan Kementerian Perdagangan dan Badan Pangan Nasional serta Perum Bulog untuk mewujudkan pemerataan pangan,’’ ujar Direktur Lalu Lintas, Capt Hendri Ginting, Ahad (13/11/2022).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kegiatan pengiriman beras melalui tol laut di Pelabuhan Patimban juga sebagai bukti bahwa keberadaan pelabuhan tersebut dapat memberikan kemudahan bagi distribusi bahan pangan dari Provinsi Jawa Barat, yang merupakan salah satu provinsi penghasil beras nasional.

Hendri mengungkapkan, beras yang dikirim kali ini berasal dari Gudang Bulog Cabang Indramayu dan Gudang Bulog Cabang Cirebon.

‘’Keberadaan Tol Laut di Patimban ini semakin memudahkan pemerataan distribusi beras dari wilayah Jawa Barat ke daerah Provinsi Aceh,’’ kata Hendri.

Adapun trayek T-1 itu memiliki rute pelayanan Tanjung Priok – Patimban – Lhoksumawe – Malahayati – Patimban – Tanjung Priok.

‘’800 ton beras yang dikirim ini tujuan pengirimannya ke Meulaboh sebanyak 400 ton, Sigli 300 ton dan Blangpidie 100 ton,’’ terang Hendri.

Sebagai informasi, pengiriman beras kali ini merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya, sebanyak 10 kontainer berisi 200 ton beras dari daerah Provinsi Jawa Barat didistribusikan melalui Tol Laut ke Malahayati dan Lhoksumawe, Provinsi Aceh. Beras tersebut dikirim menggunakan kapal Kendhaga Nusantara 14 dari Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Selasa (18/10).

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image