Ular Sanca Batik Melingkar di Tumpukan Kayu Bakar, Warga Lapor Damkar

Jogregan  
Petugas pemadam kebakaran Kabupaten Kuningan menangkap ular. (Ilustrasi/Dok Damkar Kuningan)
Petugas pemadam kebakaran Kabupaten Kuningan menangkap ular. (Ilustrasi/Dok Damkar Kuningan)

KUNINGAN – Warga di RT 01 RW 03 Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan dikejutkan dengan adanya seekor ular sanca batik (Malayopython reticulatus). Hal itupun langsung dilaporkan ke petugas pemadam kebakaran setempat.

Keberadaan ular dari suku Pythonidae itu pertama kali diketahui oleh warga bernama Junaedi (48). Saat itu, dia bermaksud membereskan kayu bakar untuk keperluan hajatan, Ahad (27/11/2022).

Namun, Junaedi terkejut saat melihat ada ular sanca batik sedang melingkar di dalam tumpukan kayu bakar tersebut. Keberadaan ular dengan panjang lebih dari satu meter itu langsung dilaporkannya ke petugas pemadam kebakaran setempat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Petugas pemadam kebakaran yang menerima laporan itupun langsung meluncur ke lokasi. Sesampainya di lokasi, petugas berusaha menemukan ular tersebut di antara tumpukan kayu bakar.

Hanya butuh waktu sekitar 15 menit bagi petugas pemadam kebakaran untuk mengevakuasi ular tersebut.

‘’Bila dibiarkan/tidak dievakuasi, dikhawatirkan akan membahayakan dan mengganggu warga sekitar serta memakan hewan ternak milik warga,’’ kata Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan, Mh Khadafi Mufti.

Khadafi menambahkan, ular sanca juga diamankan oleh petugas agar tidak dibunuh oleh warga. Ular tersebut selanjutnya akan diserahkan ke pihak BKSDA atau komunitas pecinta reftil untuk dilepasliarkan kembali ke habitat aslinya. (Lilis Sri Handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image