Siabahbanyu, Deteksi Dini Ancaman Banjir Cimanuk

Jogregan  
Petugas BPBD menunjukkan alat siabahbanyu yang terpasang di Bendung Karet Rambatan. (Lilis Sri Handayani)
Petugas BPBD menunjukkan alat siabahbanyu yang terpasang di Bendung Karet Rambatan. (Lilis Sri Handayani)

INDRAMAYU – Sungai Cimanuk memiliki manfaat yang besar dalam kehidupan masyarakat di Kabupaten Indramayu. Namun di sisi lain, sungai yang berhulu di Kabupaten Garut itu juga kerap menimbulkan ancaman banjir bagi sejumlah wilayah di Kabupaten Indramayu yang menjadi hilirnya.

Bahkan, air sungai Cimanuk kiriman dari daerah hulu itu bisa meluap dan menimbulkan banjir di Kabupaten Indramayu meski daerah tersebut tak diguyur hujan.

Untuk itu, monitoring tinggi muka air (TMA) sungai Cimanuk di Kabupaten Indramayu sangat dibutuhkan. Hal itu sebagai bentuk kesiapsiagaan dini untuk meminimalisasi dampak banjir, baik dari segi materi maupun korban jiwa.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menyadari pentingnya informasi mengenai TMA sungai Cimanuk, personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu membuat aplikasi yang diberi nama siabahbanyu.

Siabahbanyu merupakan singkatan dari Sistem Informasi Awas Banjir Hulu Berbasis Android Indramayu. Sejak setahun terakhir, siabahbanyu sudah terpasang untuk mengukur TMA sungai Cimanuk di Bendung Karet Rambatan Kabupaten Indramayu.

Bendung Karet Rambatan. (Lilis Sri Handayani)
Bendung Karet Rambatan. (Lilis Sri Handayani)

Siabahbanyu mampu mendeteksi TMA sungai Cimanuk dalam satuan centimeter (cm). Ada empat kriteria TMA sungai Cimanuk yang dicantumkan dalam aplikasi tersebut.

Yakni, kriteria aman dengan TMA 50 – 529 cm, yang ditunjukkan dengan kotak berwarna hijau.

Selain itu, kriteria waspada dengan TMA 530 – 649 cm, yang ditunjukkan dengan kotak berwarna kuning.

Adapula kriteria siaga, dengan TMA 550 – 594 cm, yang ditunjukkan dengan kotak berwarna oranye.

Terakhir, ada kriteria awas dengan TMA lebih dari 595 cm, yang ditunjukkan dengan kotak berwarna merah.

‘’Jika TMA sudah menunjukkan level awas, maka sirine di lokasi akan berbunyi. Itu berarti, saat itu juga penduduk setempat harus dievakuasi. Jadi siabahbanyu berfungsi sebagai early warning system,’’ ujar Sekretaris BPBD Kabupaten Indramayu, Muhammad Zaenal Muttaqin, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (9/12/2022).

Masyarakat, terutama perangkat desa, diharapkan bisa mengunduh aplikasi siabahbanyu di gadget masing-masing sebagai bentuk kesiapsiagaan dini. Melalui aplikasi itu, mereka bisa memantau TMA sungai Cimanuk secara real time, cukup dari genggaman.

Seperti saat berita ini ditulis, Jumat (9/12) pukul 14.45 WIB, TMA sungai Cimanuk di Bendung Karet Rambatan menunjukkan angka 390 cm. Angka itu menunjukkan kriteria aman.

‘’Dengan mengetahui kondisi TMA sungai Cimanuk, kita bisa bersiap mengantisipasi risiko bencana banjir untuk meminimalisasi jatuhnya korban maupun kerugian materi,’’ tukas Zaenal, didampingi Penyusun Rencana Kebutuhan Logistik BPBD Indramayu, Sunarto.

Selain memuat TMA sungai Cimanuk, dalam aplikasi siabahbanyu juga ditampilkan tabel risiko bencana banjir hulu sungai Cimanuk di Kabupaten Indramayu. Ada 12 kecamatan yang berisiko, dengan kelas bahaya tinggi.

Yakni, Kecamatan Sukagumiwang, Kertasemaya, Tukdana, Bangodua, Jatibarang, Widasari, Lohbener, Sindang, Arahan, Indramayu, Cantigi dan Pasekan.

Zaenal mengatakan, kedepan, pihaknya akan terus mengembangkan siabahbanyu. Salah satunya, dengan memasang sensor pengukur kecepatan aliran air sungai. Dengan demikian, interval waktu pergerakan air dari hulu ke hilir bisa dihitung.

Pengembangan lainnya, juga akan mengaktifkan bunyi sirine yang berbeda untuk menandakan masing-masing level kondisi TMA sungai Cimanuk. Termasuk, membuat WhatsApp Gateway otomatis yang menginformasikan apabila kondisi sungai Cimanuk sudah dalam kondisi bahaya.

‘’Kita juga ingin mengembangkan fitur untuk menentukan lokasi aman untuk evakuasi masyarakat,’’ tutur Zaenal.

Zaenal menambahkan, pihaknya juga mengupayakan agar pemasangan siabahbanyu, yang kini baru di satu titik, bisa diperbanyak di titik-titik lainnya. Dengan demikian, manfaat siabahbanyu bisa dirasakan lebih luas lagi. (Lilis Sri Handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image