Arus Pendek Picu Kebakaran Rumah, Pemilik Rugi Ratusan Juta Rupiah

Jogregan  
Petugas Damkar memadamkan api. (Istimewa)
Petugas Damkar memadamkan api. (Istimewa)

KUNINGAN – Kebakaran hebat melanda sebuah rumah milik warga di RT 22 RW 8, Lingkungan Wage Desa Cigugur, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Rabu (14/12/2022) sekitar pukul 20.00 WIB. Kebakaran itu menyebabkan pemilik rumah mengalami kerugian hingga Rp 560 juta.

Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan, Mh Khadafi Mufti, menjelaskan, kebakaran itu terjadi saat pemilik rumah, Ujang Karmu (59) bersama istri dan kedua anaknya tidak berada di rumah.

‘’Peristiwa kebakaran itu pertama kali diketahui oleh tetangga mereka, Ibu Yeti (38), yang mendengar suara ledakan,’’ kata Khadafi, Kamis (15/12/2022).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Yeti bersama suaminya kemudian bergegas ke luar rumah mereka untuk mengecek sumber suara ledakan itu. Saat keluar rumah, mereka melihat api sudah menyala di ruang tamu rumah milik Ujang Karmu.

Yeti dan suaminya langsung berteriak memanggil pemilik rumah. Namun, tidak ada jawaban dari dalam rumah. Selanjutnya, mereka memberitahukan peristiwa itu kepada warga lainnya.

‘’Warga langsung berusaha memadamkan api dengan menggunakan peralatan seadanya secara bergotong royong,’’ terang Khadafi.

Namun, usaha mereka tidak berhasil karena api semakin membesar dan tidak terkendali. Warga kemudian mendobrak pintu dan menyelamatkan beberapa aset dari dalam rumah korban, di antaranya dua unit sepeda motor.

‘’Rumah dalam keadaan kosong karena pemilik rumah sedang silaturahmi keluarga,’’ tutur Khadafi.

Selang 38 menit setelah kejadian awal kebakaran, warga kemudian melaporkan kejadian itu ke Kantor UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan. Setelah menerima laporan tersebut, dua unit kendaraan pemadam berangkat menuju lokasi.

Setelah tiba di lokasi, ternyata kebakaran sangat besar. Karenanya, kendaraan pemadam ditambah tiga unit lagi sehingga totalnya ada lima kendaraan pemadam yang dikerahkan untuk memadamkan api.

‘’Anggota damkar yang sedang istrahat pun ditarik untuk membantu proses pemadaman,’’ cetus Khadafi.

Khadafi mengatakan, api akhirnya berhasil dipadamkan pada pukul 23.35 WIB. petugas kemudian melakukan pengumpulan data untuk menguungkap penyebab kebakaran.

‘’Kebakaran diduga berasal dari arus pendek listrik hingga terjadi ledakan bola lampu yang mengenai kursi yang berada di ruang tamu dan merambat ke bangunan lainnya,’’ kata Khadafi.

Khadafi menyebutkan, api membakar bangunan rumah seluas 150 meter persegi. Selain itu, peralatan elektronik, perabot rumah tangga, satu unit motor dan surat-surat berharga juga ikut hangus terbakar.

‘’Total kerugian sekitar Rp 560 juta,’’ terang Khadafi.

Akibat kebakaran itu, lanjut Khadafi, untuk sementara pemilik rumah tinggal bersama saudara mereka. Pemilik rumah pun memerlukan bantuan perbaikan rumah, makanan, pakaian, obat-obatan dan bantuan lainnya. (Lilis Sri Handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image