Kuningan Miliki Desa Wisata Kuliner Tradisional, Icip-Icip Makanannya Yuk!

Bisnis  
Bupati Kuningan, Acep Purnama (baju coklat) saat meresmikan Desa Wisata Kulner Tradisional. (Diskominfo Kuningan)
Bupati Kuningan, Acep Purnama (baju coklat) saat meresmikan Desa Wisata Kulner Tradisional. (Diskominfo Kuningan)

KUNINGAN – Kabupaten Kuningan selama ini menjadi salah satu daerah tujuan wisata favorit di Jawa Barat. Berada di kaki Gunung Ciremai, daerah yang dikenal dengan sebutan ‘Kota Kuda’ itu memiliki hawa yang sejuk dan beragam obyek wisata alam yang indah.

Namun kini, tak hanya menawarkan potensi keindahan alamnya, Kabupaten Kuningan juga memiliki destinasi wisata baru. Yakni, Desa Wisata Kuliner Tradisional, yang terletak di Desa Luragung Landeuh, Kecamatan Luragung.

Peresmian Desa Luragung Landeuh sebagai Desa Wisata Kuliner Tradisional itu baru saja dilakukan awal pekan ini. Momen tersebut sangat tepat mengingat saat ini masyarakat memasuki masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), yang juga berbarengan dengan masa libur anak sekolah.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kepala Desa Luragung Landeuh, Ruspandi, mengatakan, masyarakat di desanya selama ini banyak yang membuat aneka olahan makanan tradisional. Dia menyebutkan, tercatat sedikitnya ada 26 jenis makanan tradisional yang dibuat oleh masyarakat Luragung Landeuh.

‘’Di antaranya adalah nasi kasreng, papais monyong dan sate kambing,’’ tutur Ruspandi.

Kabid UMKM Perindustrian Dinas Kopdaging Kabupaten Kuningan, Alvin Fitranda, mengatakan, penetapan Desa Luragung Landeuh sebagai Desa Wisata Kuliner Tradisional diharapkan dapat menciptakan dan mempromosikan produk kuliner tradisional di wilayah tersebut.

Alvin menambahkan, penetapan desa wisata kuliner tradisional juga diharapkan dapat menumbuhkan pemahaman masyarakat akan arti pentingnya wisata kuliner tradisional. Jika dikelola dengan sungguh-sungguh, maka bisa menjadi sumber mata pencaharian dan meningkatkan pendapatan warga setempat.

Bupati Kuningan, Acep Purnama pun mengajak masyarakat untuk berwisata ke Desa Luragung Landeuh sebagai Desa Wisata Kuliner Tradisional. Tak hanya sekedar berlibur, masyarakat yang datang juga bisa menikmati beragam makanan tradisional yang lebih unik.

‘’Semoga makanan-makanan khas Kuningan yang ada di desa Kuragung Landeuh menjadi tujuan para wisatawan atau pecinta kuliner,’’ kata Acep.

Jadi, penasaran mau icip-icip kuliner yang ada di Desa Wisata Kulliner Tradisional? Yuk, wisata ke Desa Luragung Landeuh! (Lilis Sri Handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image