Libur Imlek 2023, Objek Wisata Goa Sunyaragi Ramai Pengunjung

Wisata  
Para pengunjung berada di salah satu area Goa Sunyaragi. (Lilis,
Para pengunjung berada di salah satu area Goa Sunyaragi. (Lilis,

CIREBON – Jumlah pengunjung objek wisata Goa Sunyaragi Cirebon mengalami peningkatan pada libur Imlek 2023. Para pengunjung didominasi wisatawan dari Ciayumajakuning.

Kepala Bagian Humas Badan Pengelola Taman Air Goa Sunyaragi (BPTAGS) Cirebon, Eko Ardi Nugraha, menyebutkan, kenaikan jumlah pengunjung sudah terjadi di hari Sabtu (21/1/2023). Sebanyak 349 pengunjung mendatangi Goa Sunyaragi di hari tersebut.

‘’Di hari Minggu (22/1/2023) ada peningkatan 421 pengunjung dan hari Senin ini (23/1/2023) sebanyak 289 orang. Ada kenaikan sekitar lima sampai sepuluh persen jika dibandingkan dengan libur imlek tahun 2021,’’ ujar Eko, Senin (23/1/2023).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kebanyakan pengunjung yang berwisata di Goa Sunyaragi pada libur Imlek itu masih berasal dari wilayah Ciayumajakuning.

‘’Persentase kunjungan wisatawan lokal 70 persen, sedangkan wisatawan luar kota sebanyak 30 persen,’’ terang Eko.

Untuk wisatawan dari luar kota, masih didominasi berasal dari kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Semarang. Namun, mulai ada peningkatan sejumlah wisatawan yang berasal dari group tour.

‘’Mulai banyak yang grup tour maupun grup keluarga, ini tandanya aktivitas wisata di Indonesia sudah mulai bangkit pasca-pandemi Covid-19,” papar Eko.

Dalam masa liburan Imlek ini, pihak BPTAGS juga menambah pemandu wisata untuk memberikan kenyaman bagi pengunjung. Pemandu wisata itu bertujuan menjelaskan mengenai sejarah Goa Sunyaragi.

‘’Ada penambahan pemandu wisata dalam tiga hari libur Imlek ini yang bekerja sama dengan siswa-siswi PKL dari SMK 1 Kedawung jurusan pariwisata,’’ terang Eko.

Adapun tiket masuk Goa Sunyaragi untuk umum sebesar Rp 15 ribu dan bagi pelajar/mahasiswa hanya sebesar Rp 10 ribu.

‘’Tidak ada kenaikan harga tiket masuk Goa Sunyaragi,’’ pungkas Eko. (Lilis Sri Handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image