TK Smart Auladi Cirebon Bertualang untuk Cintai Lingkungan

Jogregan  

CIREBON – Kecintaan pada alam dan Sang Maha Pencipta semesta, harus ditanamkan sejak dini pada anak-anak. Diharapkan, rasa yang telah tertanam sejak kanak-kanak itu akan terus terbawa dalam kehidupan mereka di masa depan.

Hal itulah yang mendorong TK Smart Auladi Cirebon, dengan meluncurkan sebuah program baru berjuluk "I Love Nature", dalam balutan tema "Smart Auladi Nurtures the Nature to get Nurtured by the Nature".

Kepala PGTK Smart Auladi Cirebon, Kiky Amalia, menjelaskan, peluncuran program itu dimulai dengan praktek mindful hearing. Hal tersebut dimaksudkan agar para orang tua dapat lebih fokus dalam melihat anugerah Allah SWT yang ada di lingkungan sekitar.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

‘’Seringkali kita mengabaikan anugerah-anugerah Allah SWT yang ada di sekitar kita. Bunga yang bermekaran, angin yang berhembus, hangatnya sinar mentari, serta masih banyak lagi nikmat yang sering kita lewatkan untuk disyukuri,’’ kata Kiky, belum lama ini.

Setelah mindful hearing, agenda dilanjutkan dengan eksplorasi lingkungan oleh anak dan orang tua di wilayah Perhutani. Di sana, mereka belajar untuk menumbuhkan rasa takjub terhadap segala yang ada di alam.

Acara kemudian diakhiri dengan penanaman bibit tanaman oleh orang tua dan anak. Bibit tersebut nantinya akan dipelihara dan dijaga di sekolah.

Kiky mengungkapkan, program itu merupakan program jangka panjang yang selanjutnya akan diintegrasikan dengan berbagai kegiatan lain di sekolah. Termasuk pemanfaatan media alam dalam penggunaan bahan ajar di kelas.

‘’Dengan terlaksananya program ini, diharapkan kita semua dapat semakin sadar dan bersyukur akan anugerah Allah SWT yang ada di alam. Serta agar kita semua mampu menjaga kelestarian alam,’’ tukas Kiky.

Sementara itu, salah satu orang tua peserta, Eriska Idamantari, mengakui program tersebut sangat bermanfaat bagi anaknya untuk bisa belajar mencintai lingkungan sekitarnya.

‘’Anak-anak menjadi tahu bagaimana bermanfaatnya lingkungan untuk kehidupan manusia sehari-hari. Juga, lebih mengenal dan mencintai ciptaan Allah SWT tentunya,’’ pungkap Eriska. (Lilis Sri Handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image