Latih Public Speaking dan Kepemimpinan, Tingkatkan Rasa Percaya Diri Kepala Desa

Jogregan  
Kepala Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokan Bunder, Kabupaten Indramayu, Didi Wahyudi. tengah berlatih menjadi pembna apel pagi hari Senin- (Dok. Republika)
Kepala Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokan Bunder, Kabupaten Indramayu, Didi Wahyudi. tengah berlatih menjadi pembna apel pagi hari Senin- (Dok. Republika)

INDRAMAYU — Percaya diri harus menjadi syarat dalam menjalankan pemerintahan, termasuk di tingkat pedesaan. Sebab, para pemimpin desa ini harus bertemu dengan masyarakat setiap hari, tak terkecuali atasan-atasan mereka.

Inilah yang mendorong Camat Kedokan Bunder menggelar latihan public speaking bari para kuwu yang ada di desanya. Camat Kedokan Bunder Atang Suwandi mengatakan, kemampuan public speaking dan kepemimpinan serta percaya diri dalam menjalankan pemerintahan di desanya, harus dimiliki oleh para anak buahnya.

"Kemampuan itu harus dimiliki para kuwu. Ini karena para pemimpin di desa tersebut harus bertemu dengan masyarakat setiap hari dan juga pihak lainnya," ujar dia kepada wartawan di Indramayu, Kamis (16/3/2023).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Salah satu cara atau trik yang dilakukan Atang dalam meningkatkan kemampuan para kuwu tersebut adalah bergantian ‘dipaksa’ menjadi pembina apel pagi setiap hari Senin.

Kata dia, dengan menjadi pembina apel, pagi para kuwu dipupuk untuk memiliki sikap kepemimpinan dan rasa percaya diri yang tinggi. Bukan hanya itu, kuwu juga harus memiliki kemampuan berbicara di hadapan peserta apel atau public speaking.

“Kita agendakan para kuwu ini menjadi pembina apel setiap Senin pagi. Dengan langkah ini semoga rasa percaya diri mereka semakin meningkat melalui public speaking yang terus dilatih,” kata Atang.

Dari 7 Kuwu yang ada di Kecamatan Kedokan Bunder, 4 Kuwu telah menjadi pembina apel pagi yakni Kuwu Kedokanagung Budi Jumhana, Kuwu Kedokanbunder Muhammad Waskim, Kuwu Kedokanbunder Wetan H. Khamdan, dan Kuwu Kaplongan Arifin. N Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image