Polytama Lakukan Pre-bid Meeting dan Site Visit Bersama Calon Kontraktor EPC

Bisnis  
Polytama bersama para peserta lelang atau calon EPC Contractor Proyek PPB melakukan kegiatan Pre-Bid Meeting. (Humas Polytama)
Polytama bersama para peserta lelang atau calon EPC Contractor Proyek PPB melakukan kegiatan Pre-Bid Meeting. (Humas Polytama)

CIREBON – PT Polytama akan segera memulai Proyek Polypropylene Plant Balongan (PPB). Proyek itu sebagai upaya penambahan kapasitas produksi resin Polypropylene (PP) dalam negeri.

Proyek tersebut merupakan proyek pembangunan Plant PP kedua, dengan kapasitas terpasang sebesar 300.000 KTA.

Untuk keperluan pelaksanaan proyek itu, Polytama bersama para peserta lelang atau calon EPC Contractor Proyek PPB melakukan kegiatan Pre-Bid Meeting. Dilakukan pula peninjauan secara langsung ke lokasi proyek dan Plant Existing, beberapa hari yang lalu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kunjungan itu dimaksudkan guna melihat lokasi proyek yang akan dilakukan pembangunan/pengembangan pabrik Polypropylene yang baru.

Agenda Pre-bid Meeting dan Site Visit dilakukan selama tiga hari itu dilaksanakan mulai dari 4 – 6 April 2023. Kegiatan itu dihadiri oleh 40 peserta calon kontraktor EPC Proyek PPB, yang dilaksanakan di salah satu hotel di Cirebon.

Dalam kegiatan Pre-Bid Meeting, para kontraktor EPC/bidder diberikan penjelasan tentang lingkup proyek dan tanya jawab pada sesi hari terakhir.

Sesi site visit yang diadakan di hari kedua dari rangkaian kegiatan juga mengajak calon kontraktor EPC/bidders untuk tak hanya meninjau langsung area proyek, namun juga ke area Plant Existing. Pasalnya, lokasi proyek yang nantinya akan dibuat adalah terintegrasi dengan plant yang sudah ada sebelumnya.

Selain itu, rombongan calon kontraktor EPC/bidder juga mengunjungi fasilitas jetty Pertamina RU VI. Lokasi itu merupakan salah satu sarana untuk membawa peralatan maupun material kebutuhan proyek melalui laut/kapal.

Kunjungan itu diikuti oleh empat peserta lelang/kontraktor EPC. Mereka merupakan konsorsium perusahaan asing dan perusahaan dalam negeri. Hadir pula dari internal PT Polytama Propindo, yang diikuti oleh wakil dari fungsi PMO, Engineering, Finance, HC & Corporate Secretary dan perwakilan dari PT Pertamina (Persero) sebagai pihak project sponsor.

‘’Kita akan melanjutkan tahapan pembangunan proyek PPB dan diharapkan dapat berjalan lancar. Diharapkan keberadaan proyek PPB tidak hanya memberikan manfaat bagi kemajuan bisnis Polytama, namun juga akan memberikan manfaat kepada masyarakat dan pemerintah daerah Kabupaten Indramayu,’’ kata Project Director Polytama, Burhanudin.

Adapun manfaat itu di antaranya berupa penyerapan tenaga kerja lokal, mendorong perekonomian derah, pertumbuhan industri baru dan peningkatan pendapatan daerah.

Seperti diketahui, Polytama yang merupakan entitas anak usaha dari PT Tuban Petrochemical Industries, yang juga secara tidak langsung menjadi entitas anak usaha PT Pertamina (Persero), menciptakan sinergi dari berbagai sisi. Seperti efisiensi operasi dan rantai nilai antara PT Pertamina, PT Tuban Petrochemical Industries, dan Polytama.

Kebijakan itu juga memantapkan Polytama untuk menjadi pendukung hilirisasi perusahaan induk, yaitu PT Pertamina pada industri petrokimia. Produk Polytama yaitu Polipropilena (PP) merupakan produk petrokimia yang relatif lebih ramah lingkungan dibandingkan produk-produk petrokimia lainnya, sehingga permintaannya cenderung meningkat dan berkelanjutan.

‘’Jadi tahapan aanwijzing dan site visit proyek polypropylene plant balongan ini merupakan tahapan penting bagi proses tender. Kami mohon doa restunya supaya perjalanan proses pengadaan berjalan lancar sampai nanti kegiatan tahap EPC dan dilanjutkan tahap operasional dapat terlaksana dengan baik, sesuai jadwal yang ditetapkan dan aman,’’ pungkas Burhanudin. (Lilis Sri Handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image