Wakili Indonesia, Tim Inovator Pertamina RU VI Raih Gold untuk Produk Inovasi Go Foam di Turki

Bisnis  
Tim Inovator dari Kilang Pertamina Balongan sukses meraih penghargaan kategori gold dalam ajang ISIF ke-8 di Turki. (Dok Humas Pertamina Balongan)
Tim Inovator dari Kilang Pertamina Balongan sukses meraih penghargaan kategori gold dalam ajang ISIF ke-8 di Turki. (Dok Humas Pertamina Balongan)

INDRAMAYU -- Tim Project Collaboration Improvement (PC Prove Go Foam) PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan kembali meraih penghargaan bergengsi. Tak hanya berprestasi di tingkat nasional, kali ini penghargaan yang diraih mampu menembus level internasional.

PC Prove Go Foam beranggotakan Astri Agustiana Sari, Novi Lestu Lamtangkas BS, Rifqi Rakhmani Al Farisi, Rahmat Setiawan, Riris Yuliana, Nico Yulian Setyanugraha, Sukamdani, dan Herry Harsono.

Mewakili Indonesia pada ajang Istanbul International Inventions Fair (ISIF) ke-8 di Turki, Tim Inovator dari Kilang Pertamina Balongan sukses meraih penghargaan kategori gold.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Acara itu diadakan oleh Kantor Paten dan Merek Turki (Turkpatent) dan dibawah pengawasan Federasi Asosiasi Penemu Internasional (IFIA). Kegiatan itu berlangsung pada 27 April hingga 1 Mei 2023.

Go Foam merupakan diversifikasi produk gas oil intermedia yang diproduksi di Pertamina RU VI Balongan. Produk itu merupakan bahan baku utama pembuatan anti foam yang proses produksinya tidak menyebabkan pencemaran lingkungan.

Melalui inovasi diversifikasi produk Go Foam yang dihasilkan dari unit CDU ini, mampu meningkatkan company positioning di pasar special chemical. Selain itu juga turut meningkatkan margin perusahaan.

Vice President (VP) Human Capital PT KPI, Dewi Kurnia Salwa, mengatakan, kesempatan mengikuti ISIF sangatlah berharga. PT KPI sebagai bagian dari Pertamina, mampu menampilkan improvement dan inovasinya pada masyarakat internasional, yang mungkin dapat juga diaplikasikan di kilang-kilang negara lain.

‘’Ini juga jadi kesempatan agar kita bisa benchmark bagaimana tingkatan inovasi yang telah kita buat jika dibandingkan dengan inovasi dari negara lain,’’ kata Dewi, Selasa (2/5/2023).

Dengan dipatenkannya inovasi dari tim inovator, maka diharapkan dapat menjadi benefit tersendiri bagi PT KPI.

Terpisah, General Manager PT KPI Refinery Unit VI Balongan, Diandoro Arifian, mengapresiasi para perwira Kilang Pertamina Balongan yang menjadikan budaya inovasi sebagai upaya meningkatkan kompetensi diri. Hal itu juga sekaligus meningkatkan daya saing perusahaan untuk mampu bertahan terhadap perubahan zaman.

‘’Pertamina bangga memiliki insan pekerja yang memiliki SDM berkualitas. Penghargaan ini tak hanya mengharumkan nama perusahaan, tentu juga nama bangsa Indonesia,’’ tukas Diandoro.

Sementara itu, Astri Agustiana Sari selaku fasilitator PC Prove Go Foam, menyampaikan, busa atau foam seringkali terbentuk pada banyak proses industri. Foam juga dapat menyebabkan masalah seperti rendahnya efisiensi dan produktivitas, kualitas produk yang buruk, bahkan bahaya terhadap keselamatan kerja.

Dengan produk Go Foam itu, sambung Astri, bisa mencegah terbentuknya gelembung udara dan busa.

‘’Dalam upaya memperluas pasar dan menjadikan Go Foam sebagai produk terbaik dalam industri, Tim Inovator Indonesia akan terus mengembangkan produk ini dengan memperhatikan kualitas, efektivitas, dan keamanannya,’’ tukas Astri.

Astri menambahkan, Tim Inovator Indonesia juga merasa bangga atas penghargaan yang diraih. Mereka pun mengucapkan terima kasih kepada juri ISIF yang telah mengakui inovasi yang diciptakan.

‘’Terima kasih juga untuk para mitra dan pelanggan yang telah mendukung dan memotivasi untuk terus berinovasi,’’ cetusnya.

Seperti diketahui, ISIF 2023 merupakan ajang bergengsi yang dihadiri oleh para inovator dari seluruh dunia untuk memamerkan produk-produk terbaik mereka. Ajang itu diselenggarakan secara tahunan dan sudah menampilkan lebih dari 5.000 teknologi dari 62 negara sejak diselenggarakan.

Para peserta dari berbagai negara berkumpul untuk berpartisipasi dalam ISIF dan menunjukan inovasi terbaru mereka. (Lilis Sri Handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image